Sinar Matahari Pagi Lebih Efektif Tangkal Flu dari Vitamin C

Ilustrasi berjemur di pagi hari. (Dok: nutrishmish)
Ilustrasi berjemur di pagi hari. (Dok: nutrishmish)

TitikNOL - Suplemen apa yang biasa kamu gunakan untuk menangkal dan mengantisipasi serangan flu? Vitamin C selama ini memang diyakini sebagai zat yang baik untuk penanganan flu. Namun penelitian berikut ini mengungkapkan hal berbeda. Diklaim bahwa vitamin yang bersumber dari sinar matahari pagi bekerja lebih efektif.

Seperti dikutip dari India Times, Vitamin D selama ini hanya dikenal untuk menguatkan tulang dan otot. Namun sesungguhnya selain itu Vitamin D juga dapat meningkatkan level produksi peptida antimikroba yang dapat melindungi tubuh dari serangan infeksi pernapasan. Peptida antimikroba merupakan antibiotik yang diproduksi secara alami dalam paru-paru.

"Banyak orang memahami bahwa vitamin D baik untuk kesehatan tulang dan otot. Analisis kami menemukan bahwa itu membantu badan melawan infeksi pernapasan akut," kata Carlos Camargo dari Massachusetts General Hospital (MGH).

Penelitian ini mengemukakan, konsumsi harian ataupun mingguan memperkecil risiko infeksi pernapasan akut pada orang-orang dengan kekurangan vitamin D signifikan, yaitu di bawah 25 nanomol per liter. Orang-orang dengan produksi vitamin D tinggi dapat mengurangi risiko infeksi pernapasan sebesar 10 persen.

Dalam studi ini, peneliti menganalisis hampir 11.000 partisipan dari 25 klinik dari 14 negara seperti India, Inggris, Amerika Serikat, Jepang, Afganistan, Belgia, Italia, Australia, Kanada.

Sumber: www.brilio.net

Komentar