Soal Kapasitas Mesin CEIR IMEI, Kemenperin Lempar ke ATSI

Ilustrasi. (Dok: Infopena)
Ilustrasi. (Dok: Infopena)

TitikNOL - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyerahkan soal penambahan kapasitas mesin CEIR yang digunakan untuk pemblokiran IMEI ponsel ilegal ke Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).

Hal ini disampaikan Kepala Subdirektorat Industri Peralatan Informasi dan Komunikasi, Perkantoran, dan Elektronika Profesional Kemenperin, Najamudin.

"CEIR itu milik ATSI, jadi urusan kapasitas CEIR ada di mereka," kata Najamudin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (25/11).

Sebelumnya, disebutkan kapasitas mesin CEIR tersisa 55 juta nomor lagi setelah menampung sekitar 1,5 miliar nomor IMEI dari ponsel telah beredar.

Saat itu, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Marwan O Baasir mengatakan butuh setidaknya penambahan kapasitas hingga 2 miliar nomor IMEI agar mesin CEIR bisa berjalan optimal kembali.

CEIR berfungsi untuk mengintegrasikan data di sistem Equipment Identity Register yang ada di lima operator seluler. Mesin CEIR sendiri dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI), sementara pengelolaannya dilakukan oleh Kominfo dan Kementerian Perindustrian.

"Tidak tahu kalau sudah dihibahkan nanti, apa kami perlu menambah kapasitas CEIR yang harganya mahal sekali," pungkas Najamudin.

Sementara itu, CNNIndonesia.com sudah coba menghubungi Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Informatika, Ismail tetapi belum ada jawaban.

Namun terakhir, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut kapasitas mesinCentralized Equipment Identity Register(CEIR) sudah ditambah.

Menurut Ismail mesin CEIR yang dikelola Kominfo bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) cukup untuk menampung dataInternational Mobile Equipment Identity(IMEI)dari ponsel terbaru.

"Sudah di-uploaddata IMEI ponsel baru yang kemarin sempat tertunda. Kapasitas mesin CEIR saat ini mencukupi untuk menerima data terbaru," kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Informatika, Ismailmengutip Antara (13/10).

Kominfo menyatakan kapasitas mesin CEIR yang dikelola Kominfo bersama Kementerian Perindustrian untuk menampung data International IMEI dari ponsel terbaru sudah kembali optimal.

Berita ini telah tayang di cnnindonesia.com, dengan judul: Kemenperin Lempar Ke ATSI Soal Kapasitas Mesin CEIR IMEI

Komentar