Hentikan Kebiasaan Menyikat Gigi Setiap Selesai Makan

Ilustrasi. (Dok: drpetrillo)
Ilustrasi. (Dok: drpetrillo)

TitikNOL - Rajin menyikat gigi memang kunci untuk gigi sehat tanpa lubang. Tapi tunggu dulu, definisi rajin seperti apa?

Kalau Anda tipe orang yang langsung menyikat gigi setiap selesai makan, sebaiknya pikirkan lagi. Ternyata hal ini sebenarnya malah bisa merusak kondisi gigi Anda.

Makanan dan minuman manis yang mudah menempel pada permukaan gigi memang tidak baik karena bakteri dan plak di permukaan gigi akan melakukan proses metabolisme gula dan memproduksi asam yang menyebabkan penyakit gigi dan mulut, misalnya gigi berlubang.

Dikutip dari The Wall Street Journal, drg. Jeffrey M. Cole dari Academy of General Dentistry mengatakan bahwa makanan kariogenik (yang menyebabkan gigi berlubang), bukan hanya yang mengandung gula, tapi juga bersifat asam. Saat kita makan atau minum sesuatu yang bersifat asam, pH di mulut akan turun dan membutuhkan waktu untuk bisa kembali normal.

Kadar asam basa ideal mulut kita adalah 7 (netral), sedangkan makanan asam pH-nya bisa mencapai 2,5. Asam akan mengikis permukaan gigi sehingga akan semakin mudah untuk timbul lubang.

Kalau Anda langsung menyikat gigi setelah makan dan minum, asam akan terdorong masuk dalam gigi dan malah akan memperparah keadaan gigi tersebut. Sebaiknya tunggu sekitar 30 menit sampai air liur di dalam mulut mengembalikan pH normal mulut.

Lalu sebaiknya bagaimana? Setelah makan atau minum sesuatu yang manis dan tingkat keasamannya tinggi, sebaiknya berkumur air putih saja. Ini akan membantu membersihkan mulut setelah makan, tanpa mengikisnya seperti menyikat gigi. Yang pasti, tetap rajin menyikat gigi di waktu yang tepat, yaitu dua kali sehari, pagi sesudah bangun tidur dan malam sebelum tidur.

Berita ini telah tayang di Beritagar.id, Senin 10 April 2017 dengan judul Sebaiknya hindari sikat gigi setelah makan

Komentar