Sabtu, 20 Juli 2024

Tak Banyak Orang Tahu, Ternyata Bawang Merah Ada Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi. (Dok: Kuasakata)
Ilustrasi. (Dok: Kuasakata)

TitikNOL - Bawang merah umum menjadi bumbu masak penguat rasa. Namun, di balik kegunaannya untuk masakan, umbi-umbian ini juga bisa bermanfaat untuk merawat kesehatan tubuh.

Kandungan anthocyanin pada bumbu dapur ini dapat bekerja melindungi tubuh dari penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan penyakit gula.

Selain anthocyanin, sayuran ini juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak hal.

Beberapa Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Bawang mengandung banyak fitokimia yang membantu menangkal penyakit dan meningkatkan kesehatan. Berikut adalah manfaat bawang merah lebih lanjut:

1. Melawan penyakit jantung

Bawang merah memiliki senyawa kuat alil sulfida, yang dapat berperan dalam mencegah penyakit jantung. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam bawang merah juga berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Sementara itu, flavonoid quercetin yang terdapat dalam bumbu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi peradangan.

2. Mencegah kanker

Alil sulfida dalam bawang ini juga memberikan perlindungan terhadap kanker.

Bumbu masak ini berfungsi untuk mengatur beberapa jalur yang terkait dengan perkembangan kanker.

Hal ini termasuk menghentikan siklus sel, mencegah migrasi sel kanker, dan menginduksi apoptosis.

Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya terhadap penyakit kanker.

3. Mengurangi risiko obesitas

Sebagai salah satu makanan sehat yang patut kamu dan keluargamu konsumsi, bawang merah merupakan sumber serat larut.Ini membuatnya menjadi makanan prebiotik yang kuat.

Sebab, sayuran dengan nama latin Allium cepa L ini dapat membersihkan usus, sehingga berfungsi membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut.

4. Menghilangkan alergi musiman

Selain manfaat bawang sebelumnya, quercetin juga dapat membantu memerangi alergi musiman.

Hal ini termuat dalam hasil penelitian berjudul Antiallergic activities of shallot (Allium ascalonicum L.) and its therapeutic effects in allergic rhinitis, yang terbit di Asian Pacific Journal of Allergy and Immunology.

Menurut studi tersebut, quercetin pada bawang merah bekerja menghambat produksi histamin, senyawa peradangan. Tak hanya itu, senyawa ini juga dapat membantu mengurangi gejala alergi, seperti bersin, mata berair, dan pilek.

5. Meningkatkan memori

Bawang merah mengandung inulin, yaitu serat prebiotik larut yang memberi makan bakteri sehat di usus. Inulin dapat memberikan manfaat pada suasana hati dan kinerja otak.

6. Membantu menjaga kesehatan mulut

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan mulut. Sebab, bawang merah mengandung senyawa belerang yang bersifat antibakteri.

Khususnya bakteri penyebab bau mulut, kerusakan gigi, karies, dan masalah pada gusi. Selain itu, bawang merah juga bisa membantu mengurangi risiko terkena kanker mulut.

7. Menyuburkan rambut

Salah satu manfaat lainnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Konsentrasi belerang yang tinggi pada bawang merah, meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, dan mendorong pertumbuhan folikel rambut.

Pada akhirnya ini mencegah kerontokan rambut dan kondisi kulit kepala seperti ketombe.

Untuk mendapatkan manfaat ini bisa dengan memasukkan bawang merah pada makanan, atau membuat jus bawang merah dan mengoleskannya ke kulit kepala.

8. Bermanfaat untuk kulit

Kandungan antioksidan dalam bawang merah dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat merusak sel kulit sehingga memicu penuaan lebih cepat.

Bawang merah juga dapat membantu mengencangkan kulit dan memperbaiki warna kulit. Menariknya lagi, ada beberapa manfaat lain bawang merah untuk kulit terutama kulit wajah, seperti:

  • Mengobati jerawat. Bawang merah mengandung sifat antimikroba dan antiinflamasi. Selain itu, senyawa sulfur organik bawang merah memiliki sifat profilaksis (mencegah infeksi) dan kuratif (menyembuhkan) sejumlah infeksi.
  • Mengurangi tanda penuaan. Bawang merah kaya akan antioksidan berkat kandungan vitamin C, vitamin E, dan berbagai fitokimia yang kuat. Antioksidan bisa mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, flek hitam dan kulit kusam.
  • Mencerahkan kulit wajah. Antioksidan dan vitamin yang ada dalam bawang bermanfaat pada kecantikan sel-sel kulit dan mendukung perawatan diri. Karena itu, mengaplikasikan irisan bawang merah segar dapat mencerahkan wajah kusam.

9. Mencegah osteoporosis

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah membantu mencegah osteoporosis. Sebab, senyawa quercetin membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

Bawang merah juga mengandung selenium yang terbukti memiliki efek antiradang pada persendian dan jaringan.

Selain bawang merah, masih ada beberapa makanan lain yang juga dapat membantu cegah osteoporosis.

Berita ini telah tayang di halodoc.com, dengan judul: Ini 9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Komentar