Tak Hanya Pengguna iPhone, Video Call Face Time Segera Berfungsi di Android dan Windows

Ilustrasi. (Dok: iNews)
Ilustrasi. (Dok: iNews)

TitikNOL - Dalam acara konferensi pengembang, WWDC 2021, Apple mengumumkan bahwa aplikasi video call, FaceTime, dapat digunakan di perangkat Android dan Windows. Raksasa teknologi itu mengumumkannya bersama dengan sejumlah pembaruan untuk iOS, iPadOS, watchOS, dan MacOS.

FaceTime mendapatkan beberapa peningkatan di sistem operasi iOS 15 mendatang yang akan membuatnya terlihat dan berfungsi lebih seperti Zoom dan Microsoft Teams. Termasuk tampilan peserta dan kemampuan untuk menjadwalkan panggilan.

OS baru ini juga akan menghadirkan audio spasial ke FaceTime, yang akan membuat suara orang terdengar seperti berasal dari posisi mereka di layar untuk nuansa yang lebih alami. Namun, mungkin yang paling menarik adalah membuka akses ke perangkat non-Apple—setidaknya saat menggunakan browser web.

Sistem operasi iOS 15 umumnya akan dirilis pada Juli mendatang. Setelah mengunduh sistem operasi baru, pengguna dapat melakukan panggilan FaceTime ke perangkat non-iOS.

Jika menggunakan perangkat Android atau Windows dan memiliki teman atau anggota keluarga dengan perangkat Apple, mereka dapat mengirimi tautan ke panggilan FaceTime melalui teks, email, WhatsApp, atau undangan kalender. Setelah mendapatkan tautan, yang harus dilakukan adalah mengkliknya, dan tautan itu akan terbuka di browser, lalu pengguna dapat bergabung dengan panggilan.

Satu peringatan untuk pembaruan ini: untuk menjadwalkan atau memulai panggilan FaceTime, pengguna harus memiliki perangkat Apple dan akun Apple. Kemudian, pengguna bisa membuat tautan yang dapat dibagikan untuk mengundang orang lain, yang dapat bergabung dari browser mereka di perangkat Android atau Windows tidak perlu akun Apple.

Tetapi peserta tersebut tidak akan dapat melakukan panggilan Face Time sampai pengguna Apple yang mengaturnya menyetujuinya.

Berita ini telah tayang di tekno.tempo.co, dengan judul: Tak Perlu iPhone, Video Call FaceTime Segera Berfungsi di Android dan Windows

Komentar