Tanpa MIUI, Xiaomi Luncurkan Smartphone Android One

Ilustrasi smartphone xiaomi. (Dok: net)
Ilustrasi smartphone xiaomi. (Dok: net)

TitikNOL - Anda pasti masih ingat dengan proyek Google untuk menghadirkan smartphone Android murni dengan harga murah ke pasar-pasar negara berkembang, yakni Android One. Smartphone tersebut sama halnya dengan Nexus atau Pixel, yakni dijanjikan mendapatkan pembaruan OS Android terbaru mengingat Android One mengggunakan sistem operasi Android murni, alias tanpa UI kustom.

Pasar Indonesia sendiri sudah dua kali kebagian smartphone Android One, yakni generasi pertama diramaikan dengan Mito Impact, Evercoss One X, dan Nexian Journey One. Sementara generasi kedua, Google hanya menggandeng Infinix untuk menghadirkan Infinix Hot 2.

Sayangnya rencana awal untuk menghadirkan perangkat Android murah untuk negara berkembang mengalami pergeseran, dimana Android One meluncur ke negara-negara maju seperti Jepang dan negara-negara di Eropa. Namun ada kabar cukup mengejutkan datang dari Xiaomi dan Google, dimana mereka dikabarkan berkolaborasi untuk menghadirkan smartphone Android One buatan Xiaomi yang menggunakan Android murni alias tanpa MIUI.

Seperti yang dilaporkan Krispitech, (19/8/2017), baru-baru ini telah ditemukan smartphone baru dari Xiaomi, yakni Xiaomi Mi 5X di database POSTEL Indonesia. Seperti yang bisa Anda lihat di atas, bahwa smartphone ini didesain oleh Google, dan tidak menggunakan MIUI sebagai tampilan antarmukanya.

Menurut rumor yang beredar, nama perangkat tersebut akan diganti menjadi Xiaomi A1 ketika diluncurkan nanti, namun belum dapat dipastikan kebenarannya. Tapi yang jelas, smartphone ini akan tetap mempertahankan layar 5,5 inci beresolusi FHD, memiliki fitur dual-SIM, serta setup dual-kamera di belakang.

Jika benar Xiaomi Mi 5X akan menjadi smartphone Android One, tentu ini kabar yang baik bagi pecinta smartphone dengan antarmuka murni Android. MIUI sendiri memang hadir dengan segudang fitur yang tak ditemukan pada antarmuka Android murni, namun banyaknya fitur pada MIUI membebani kinerja smartphone. Kita nantikan saja perkembangan informasi mengenai Android One buatan Xiaomi ini.

Berita ini telah tayang di beritateknologi.com, dengan judul: Xiaomi Bakal Luncurkan Smartphone Android One Tanpa MIUI?

Komentar