Teknologi Deteksi Kanker Lewat Tes Urin Pertama di dunia

Ilustrasi. (Dok: Tempo)Ilustrasi. (Dok: Tempo)

TitikNOL - Perusahaan Jepang, Hitachi, bersiap melakukan uji coba pendeteksian kanker dengan menggunakan sampel urine atau air seni. Percobaan yang disebut-sebut sebagai yang pertama di dunia akan membantu upaya deteksi penyakit mematikan tersebut.

Dua tahun lalu, para insinyur dan teknisi Teknologi Informasi Hitachi mengembangkan teknologi dasar untuk mendeteksi kanker payudara dan kanker usus dengan menggunakan sampel urine. Demikian dikutip dari VOA Indonesia.

Hitachi akan mulai menguji metode tersebut dengan menggunakan 250 sampel urine untuk melihat apakah masih bisa dianalisis bila dalam kondisi suhu ruangan, kata juru bicara Hitachi, Chiharu Odaira.

"Bila metode itu dipraktikkan, akan memudahkan orang-orang untuk menjalani tes kanker karena tidak perlu ke tempat pelayanan medis untuk tes darah," ujarnya.

Cara kerjanya, teknologi Hitachi itu akan mendeteksi kandungan dalam sampel urine yang berfungsi sebagai "penanda biologis" atau biomarker.

Biomarker adalah zat yang terjadi secara alami untuk mengidentifikasi penyakit tertentu, termasuk kanker, kata Hitachi dalam pernyataannya.

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: Pertama di Dunia, Teknologi Deteksi Kanker Lewat Tes Urine

Komentar