Ternyata Minum Air Lemon Tak Bantu Proses Detoksifiksi

Ilustrasi. (Dok: livestrong)Ilustrasi. (Dok: livestrong)

TitikNOL - Sebuah studi terbaru membantah kepercayaan sebagian pelaku diet yang menganggap bahwa minum air lemon hangat di pagi hari dapat membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh.

Menurut ahli Farmakologi Molekuler dan Toksikologi University of Adelaide, Dr. Ian Musgrave, faktanya tidak demikian. Air lemon hangat yang dikonsumsi tidak berefek untuk proses detoks toksin yang ada di tubuh.

“Manfaat minum air lemon hangat itu lebih untuk asupan saat Anda diet atau berolahaga. Minuman ini dianggap mampu membersihkan sistem pencernaan. Jadi, bukan alat untuk detoks tubuh,” jelas Dr. Ian, dilansir oleh laman Daily Mail, Selasa (3/10/2017).

Akan tetapi ia mengakui bahwa air lemon hangat mengandung beberapa nutrisi yang baik bagi kesehatan. Ada vitamin C juga yang berfungsi memberi kesegaran bagi tubuh, untuk bekal aktifitas selama seharian.

Dalam opininya, Dr. Ian berkata bahwa banyak produk yang disebut mampu melakukan detoksifikasi, itu sebenarnya menyesatkan.

Tubuh memang sering terpapar racun yang berasal dari makanan, udara, dan lainnya. Ini akibat gaya hidup yang diterapkan sekarang. Adanya pestisida dalam makanan, minuman, bahkan produk perawatan kulit, plastik dan lainnya. Ini tentu mau tidak mau masuk dalam tubuh dan perlu dibuang.

“Tapi, tubuh Anda sendiri sebetulnya mampu menyingkirkan racun-racun ini secara alami,” tandas Dr. Ian.
Ada enzim khusus yang diproduksi oleh hati (hepar) untuk memecah xenobiotik sehingga racun dalam jumlah kecil yang ada di makanan bisa dihilangkan. Setelah dipecah oleh enzim, racun itu disekresi ginjal atau empedu. Selanjutnya dilakukan proses pembuangan melalui urine, keringat atau feses.

“Sebenarnya, proses detoks alami tubuh itu sangat cepat,” ungkap Dr Ian lagi.

Berita ini telah tayang di sidomi.com, Kamis 5 Oktober 2017 dengan judul Studi Terbaru, Minum Air Lemon Ternyata Tak Bantu Detoksifikasi

Komentar