Tips Alami Redakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak

Foto ilustrasi sakit gigi. (Dok: Fimela)Foto ilustrasi sakit gigi. (Dok: Fimela)

TitikNOL - Sakit gigi sangat menyiksa bagi sebagian orang. Saat gigi sedang ngilu, rasanya serba salah. Makan tak enak, tidur pun tak nyenyak. Nah untuk membantu mengatasi masalah pada Anda yang sedang mengalami sakit gigi, coba beberapa resep mudah ini untuk mengatasinya.

1. Daun Sirih

Daun sirih dapat membantu meredakan nyeri dengan menumbuk sedikit daun sirih, kemudian campur dengan air mendidih. Tunggu hingga daun sirih tersebut cukup hangat, campurkan sedikit garam dan berkumurlah.

2. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga bisa membantu Anda meredakan sakit gigi. Caranya dengan mengunyah belimbing wuluh yang sudah diberi sedikit garam pada bagian gigi yang sakit. Dengan demikian rasa sakitnya akan sedikit berkurang.

3. Cengkeh

Beberapa dokter gigi menggunakan cengkeh setelah menambal gigi. Hal ini memang membantu meringankan nyeri pada sakit gigi. Anda bisa menyangrai cengkeh hingga kering lalu ditumbuk halus. Tumbukan tersebut diletakkan pada gigi yang berlubang lalu ditutup kapas. Bisa juga dengan mencelupkan kapas bersih pada cairan garam dan cengkeh bubuk tadi lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

4. Air

Cara paling mudah meredakan nyeri adalah dengan air. Perhatikan suhu udara sekitar, bila udara dingin, cobalah gunakan air hangat. Namun bukan untuk berkumur, melainkan untuk didiamkan di dalam mulut, terutama bagian yang sakit. Hal ini untuk membantu menenangkan daerah yang nyeri. Bila udara sedang panas, cobalah air yang agak dingin dengan cara yang sama.

Ada banyak cara untuk meredakan sakit gigi apalagi hingga menyebabkan pipi bengkak. Kuncinya adalah meredakan syaraf yang nyeri. Semoga lekas sembuh.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.vemale.com

Komentar