Tips Bersih-bersih Rumah untuk Ibu yang Sibuk Bekerja

Ilustrasi. (Dok: Okezone)
Ilustrasi. (Dok: Okezone)

TitikNOL - Menjalani dua peran sebagai seorang ibu bekerja, dengan berkarier di luar rumah dan juga ibu rumah tangga saat di rumah bisa dibilang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Untuk ibu bekerja, pekerjaan rumah tetap harus dilakukan sebagaimana mestinya. Namun, akan menjadi tantangan tambahan ketika keadaan rumah kotor.

Tenang, jangan panik dulu Moms! Soal bersih-bersih ini, ada kok kiat bersih-bersih rumah yang mudah yang cocok untuk para ibu bekerja. Apa saja tipsnya? Baca dulu yuk uraiannya di bawah ini.

1. Baju anak penuh noda

Ada anak-anak di rumah, yang namanya terkena noda adalah hal yang sangat biasa dan sering terjadi. Jika mendapati baju anak-anak begitu kotor terkena noda kotoran, bersihkan dengan cara membuat campuran pembersih pengangkat noda yakni mencampurkan susu dan cuka putih (dalam rasio susu 2: 1 untuk cuka putih) lalu rendam semalaman baju-baju yang terkena noda tersebut. Begitu keesokan paginya, voila! Anda bisa mencuci baju-baju tersebut seperti biasa di mesin cuci dan noda-noda kotoran yang tertinggal akan hilang.

2. Membersihkan rak dan kaca

Selama ini terbiasa membersihkan furnitur di rumah yang kotor dan berminyak, misalnya rak atau kaca dengan cara menyemprotkan cairan pembersih baru disapu dengan kain bersih? Nah, alih-alih menggunakan kain lebih baik kain ini diganti dengan helaian lembar koran bekas.

Tahukah Anda, dibandingkan kain biasa, sobekan kertas koran dikatakan lebih efektif untuk membersihkan karena kertas lebih menyerap kotoran dan air yang ada tanpa meninggalkan bekas.

3. Membersihkan tirai

Membersihkan tirai dengan kain atau handuk jadi pekerjaan yang sedikit tricky, apalagi ditambah kondisi tirai biasanya berbahan lembut dan rumit. Cara terbaik untuk membersihkan debu yang ada pada tirai ini adalah, dengan menggunakan jepit. Jepit tiap gulungan tirai, lalu tinggal diseka setiap slat nya.

4. Membersihkan karpet

Cara termudah membersihkan karpet yang penuh kotoran dan debu ialah dengan memanfaatkan alat vakum. Namun, pastikan membersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner pun hasilnya harus sebersih saat karpet di dry-clean.

Triknya mudah kok, sebelum divakum taburkan terlebih dahulu bubuk baking soda di atas karpet, diamkan selama sekiranya tiga puluh menit baru mulai proses memvakum karpet. Dengan trik sederhana ini, Anda akan melihat nyata perbedaannya. Demikian seperti diwarta Timesofindia, Kamis (19/7/2018).

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: Tips Cepat Bersih-Bersih Rumah untuk Ibu yang Sibuk Bekerja

Komentar