Kamis, 18 Juli 2024

Tips Hemat Memakai Dompet Digital agar Tidak Boros

Ilustrasi. (Dok: Lokadata)
Ilustrasi. (Dok: Lokadata)

TitikNOL - Adanya aplikasi dompet digital memang memudahkan kita untuk berbelanja dan melakukan aktivitas finansial lainnya. Namun masalahnya kalau tidak hati-hati maka dompet digital bisa menjadi sumber pemborosan saking mudahnya digunakan. Nah, oleh sebab itu rasanya setiap orang perlu tahu tips hemat memakai dompet digital supaya penghasilan tidak habis untuk hal-hal kurang bermanfaat.

Dompet digital atau lebih dikenal sebagai e-wallet adalah sebuah sistem yang menggunakan basis perangkat lunak dimana didalamnya memungkinkan untuk menyimpan data seperti informasi pembayaran maupun user ID pengguna. Informasi pembayaran dan juga kode (user ID) pengguna tersebut biasanya digunakan dalam proses transaksi dari berbagai metode pembayaran dan website.

Tips Mudah Agar Dompet Digital Tidak Boros

Menggunakan dompet digital membuat siapapun bisa melakukan berbagai macam transaksi mulai dari pembelian kebutuhan pokok, pembayaran rekening listrik, PDAM, pengisian pulsa dan sebagainya hanya dengan satu genggaman saja. Supaya keuangan tetap terjaga simak tips supaya saldo dompet digital tidak terkuras berikut ini.

1. Tentukan Budget

Sejak awal penggunaan dompet digital sangat disarankan Anda menentukan berapa budget lebih dulu supaya tidak lepas kontrol. Buat budget tetap setiap bulan untuk saldo dompet digital yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan lebih dari satu jenis dompet digital maka bujet tersebut bisa dibagi.

Misalnya bujet per bulan adalah Rp1 juta dan Anda memakai dua jenis e-wallet maka masing-masing dompet digital diisi saldo Rp500 ribu. Bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan dompet digital mana yang lebih sering dipakai isi saldo lebih banyak tapi jumlah totalnya jangan sampai melebihi alokasi budget yang telah ditentukan.

2. Pakai Ketika Butuh Saja

Kemudahan dalam menggunakan dompet digital kadang membuat kita lupa diri sehingga hal-hal yang seharusnya bisa dibeli dengan cara tunai juga dibayar dengan e-wallet. Tanamkan dalam pikiran bahwa dompet digital hanya digunakan ketika benar-benar dibutuhkan saja dan saat darurat. Contohnya ketika Anda kehabisan kuota internet padahal sudah tengah malam maka bisa membeli pulsa menggunakan dompet digital.

3. Manfaatkan Promo

Pada aplikasi dompet digital seringkali merchant-merchant yang menjadi mitranya menawarkan berbagai promo menarik. Nah, Anda bisa manfaatkan promo tersebut supaya penggunaan e-wallet menjadi lebih irit.

Sebagai contoh saat Anda ingin membeli makanan untuk menjamu tamu lihat saja dulu daftar merchant resto yang menawarkan promo besar sehingga meskipun digunakan untuk hal konsumtif namun saldo e-wallet tetap terjaga karena harga yang didapatkan lebih murah.

4. Hubungkan dengan Aplikasi Tertentu

Sebagian besar orang menggunakan dompet digital untuk memudahkan mereka membayar beragam jenis layanan misalnya pembelian tiket pesawat, pembelian pulsa, pembelian game, streaming game dan lain-lain.

Tidak ada salahnya kalau Anda menghubungkan dompet digital dengan aplikasi layanan yang sering digunakan. Hal ini selain praktis juga bisa menghemat saldo karena biasanya sering ada diskon khusus pengguna yang membayar lewat dompet digital.

5. Batasi Top Up

Tips yang terakhir yaitu batasi top up dompet digital. Sebaiknya lakukan setiap bulan saja dan sesuai dengan budget yang telah ditentukan. Selain itu pilih cara top up yang gratis tanpa biaya admin, yaitu top up e-wallet lewat aplikasi Flip. Melalui Flip Anda bisa melakukan top up DANA, OVO, Go-Pay dan Shopee Pay dengan gratis.

Tentu saja uang admin yang biasanya harus dibayarkan bisa dikumpulkan untuk menambah saldo dompet digital. Kalau biasanya saat top up dompet digital Anda harus membayar biaya admin Rp1.000 hingga Rp1.500 maka dengan Flip gratis atau Rp0.

Selain untuk top up e-wallet Flip juga bisa digunakan untuk transfer uang antar bank gratis. Urusan lain seperti membeli pulsa, paket data, dan transfer uang ke luar negeri juga bisa Anda lakukan bersama Flip. Jadi, yuk segera pakai Flip sekarang juga!

Itulah beberapa cara dan tips hemat memakai dompet digital agar uang tidak terkuras. Kecanggihan teknologi tetap harus digunakan secara tepat dan cerdas termasuk dompet digital. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda ya!

Komentar