Tips Mengilangkan Kapalan Secara Alami

Ilustrasi kapalan. (Dok:net)
Ilustrasi kapalan. (Dok:net)

TitikNOL - Kapalan adalah salah satu penyakit kulit yang umumnya terjadi pada tangan dan kaki. Penyakit ini memang bukanlah tergolong mematikan, namun tentu akan berdampak buruk jika tidak segera diatasi. Anda akan merasa tidak nyaman saat berjalan, dan berpengaruh pula pada penampian. Ya, walaupun kapalan terjadi pada area kulit tertutup seperti kaki dan tangan, namun siapa yang tahu jika sewaktu-waktu kapalan tersebut akan terlihat atau di rasakan kasar oleh orang lain jika tersentuh, misalnya ketika bersalaman. Hal tersebut tentu akan membuat anda kurang merasa percaya diri dan minder. Jangan biarkan rasa minder tersebut terus menerus terjadi, segera carilah solusi yang ampuh dalam menghilangkan kapalan. Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Kami akan merekomendasikan beberapa Cara Mengobati Kapalan Secara Alami.

Cara Menghilangkan Kapalan:

Merendam Kaki dalam Air Hangat

Merendam kaki dalam air hangat adalah cara paling mudah dan sederhana untuk mengobati kapalan. Anda hanya perlu merendam kaki pada air hangat selama kurang lebih 20 menit, lalu tempelkan kulit nanas segar yang sudah diiris pada area kaki yang kapalan. Rekatkanlah dengan plester, lalu bungkus dengan kaos kaki dan biarkan semalam. Pagi harinya, bukalah kaos kaki dan ambil kulit nanas tersebut secara perlahan dan hati-hati. Lakukan cara ini dengan rutin setiap malam dalam jangka waktu tertentu.

Menggunakan Getah Kamboja
Getah kamboja sangat ampuh untuk mengobati kapalan, dan sudah dibuktikan oleh banyak orang. Caranya sangat mudah, yaitu dengan meneteskan getah kamboja pada area kaki yang kapalan secara menyeluruh, lalu cuci kaki dengan air bersih. Cara ini bukanlah metode instan, sehingga anda harus melakukannya rutin dan berulang-ulang supaya kapalan bisa hilang selamanya.

• Menggunakan Perasan Jeruk Lemon
Perasan jeruk lemot memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk mengatasi penyakit kapalan. Caranya sangat mudah yaitu dengan meneteskan perasan buah lemon pada area kaki yang kapalan. Sebelum itu, pastikan kaki anda sudah di cuci bersih, dan cuci bersih pula setelah diolesi perasan lemon. Lakukan secara rutin dan berkala sampai metode tersebut memberikan hasil.

• Menggunakan Pepaya Mentah
Selain rasanya yang enak saat dimakan, pepaya juga bisa digunakan untuk mengobati kapalan. Caranya adalah dengan menghaluskan satu buah pepaya mentah, lalu oleskan pada area kaki yang kapalan. Cara ini akan memberi hasil maksimal jika anda melakukannya secara rutin minimal tiga kali sehari.

• Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih tidak hanya dipakai sebagai bumbu makanan atau bahan dasar sambal, tapi bisa dipakai pula untuk menghilangkan penyakit kapalan. Prosesnya disarankan dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Haluskan beberapa buah bawang putih, lalu oleskan pada kaki kapalan, diamkan semalaman hingga pagi.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.setetes.info

Komentar