Tips Menjaga Rambut Agar Tetap Sehat

Ilustrasi. (Dok:net)Ilustrasi. (Dok:net)

TitikNOL - Memiliki rambut yang sehat dan berkliau menjadi keinginan banyak orang. Tak peduli apa jenis rambut yang dimiliki, baik itu lurus atau juga ikal bergelombang, kesehatan dan keindahan rambut haruslah tetap terjaga. Dengan menjaga rambut secara baik, dapat menghindarkan dari dari berbagai macam masalah yang bisa saja datang secara tiba-tiba ketika rambut tidak dirawat dengan baik.

Oleh kerena itu, perawatan rambut agar rambut dapat sehat dan berkilau merupakan hal penting agar tetap merasa percaya diri. Dalam menjaga rambut agar tetap sehat salahsatunya dengan memperhatikan dalam menjaga kesehatan rambut.

Berikut adalah tips menjaga kesehatan rambut yang bisa kamu aplikasikan:

Selalu lindungi rambutmu dari sinar matahari, angin dan hujan. Paparan sinar matahari yang berlebihan, panas, kotoran, polusi, pencemaran dapat membuat rambut rusak. Hal ini dapat mengakibatkan kotoran bertumpuk, menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi kering, dan bias menyebabkan infeksi pada kulit kepala. Bila perlu tutup rambut dengan payung atau topi.

Rambut basah sangat rapuh dan mudah rusak. Dalam keadaan basah, batang dan akar rambut Kamu lebih rentan terhadap kerusakan. Setelah keramas jangan langsung menyisir, tunggu beberapa saat sampai rambut agak kering.

Gunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner dapat membantu agar rambutmu semakin lurus.

Lakukan conditioning dengan benar. Conditioners diformulasikan untuk menyegel kadar air dalam batang rambut. Mereka tidak dimaksudkan untuk kulit kepala. mulai pengkondisian sekitar 2 inci dari kulit kepala. Terlalu banyak kondisioner pada kulit kepala hanya akan membuat kulit kepala Kamu berminyak.

Pilih sampo dan kondisioner dari jenis yang sama karena memiliki formulasi yang sama. Karena dibuat untuk jenis rambut tertentu selalu dan tujuan tertentu sehingga bias memberikan hasil yang lebih baik.

Hindari penggunaan hair dryer pada rambut Kamu. Panas akan menyerap  kadar air dari rambut sehingga membuatnya kering dan keriting. Apabila kamu perlu meluruskan rambut dengan alat pelurus, selalu ingat agar memakai pelindung rambut sebelumnya.

Hindari menggunakan ikat rambut yang super ketat, pilihlah kain yang lembut. Ikatan rambut yang ketat cenderung menarik rambut kamu dan ini dapat menyebabkan kerusakan.

Ketika Kamu akan tidur di malam hari, biarkan rambut tergerai pada satu sisi untuk menghindari kekusutan rambut.

Tidur menggunakan bantal yang terbuat dari satin bisa untuk mengurangi kerusakan rambut akibat gesekan dibandingkan bantal bernahan kapas dan lainnya.

Ketika mengeringkan rambut, lakukan dengan cara ditekan. Jangan diggosok. Kamu mungkin mengeringkan rambut lebih cepat tetapi jumlah rambut yang rontok akan semakin banyak.

Gunakan masker rambut yang cocok untuk rambu. Kebutuhan rambut bervariasi sesuai jenis rambut.

Gunakan air dingin untuk keramas. Maksudnya air pada suhu normal ya, bukan air es. Hindari keramas dengan air panas.

Makan yang benar. Kesehatan tubuh juga mempengaruhi panampilan rambut kamu. Semakin sehat Kamu, semakin baik rambut Kamu terlihat. Nutrisi tertentu seperti vitamin, zat besi dan protein sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan.

 

 

 

 

 

 

www.kesehatanweb.blogspot.co.id

Komentar