Tips Menjaga Sensor Fingerprint Agar Tetap Awet

Ilustrasi. (Dok: androidcentral)
Ilustrasi. (Dok: androidcentral)

TitikNOL - Kebanyakan Smartphone keluaran terbaru saat ini pasti sudah dibekali dengan fitur keamanan fingerprint yang mana dapat menjaga Smartphone kalian lebih aman. Fitur keamanan yang satu ini tidak hanya tersemat pada perangkat yang berkelas tinggi saja, akan tetapi beberapa perangkat dengan banderolan harga murah juga banyak yang sudah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari ini.

Karena itulah guna menjaga keamanan dan kualitas sensor tetap terjaga dengan baik kita harus melakukan berbagai perawatan dan menghindari semua pantangan yang ada guys. Langsung saja nih simak ulasan mengenai cara menjaga sensor fingerprint tetap awet dan tetap berkualitas berikut ini:

Jangan Sentuh Fingerprint Ketika Jari Anda Basah

Untuk mengakses sensor pemindai sidik jari ini pastikan jari anda benar-benar kering dan tidak basah, perangkat Smartphone merupakan barang elektronik yang mana sangat rawan sekali ketika terkena air, perangkat tahan terhadap air seperti Galaxy S8 Active juga termasuk loh guys, alangkah lebih baik keringkan terlebih dahulu jari anda baru akses fingerprint tersebut.

Cukup 1 atau 2 Jari Saja

Sensor fingerprint memang bisa mengenali sidik jari lebih dari 1, bahkan ada juga yang dapat mengenali sidik jari 5 pengguna sekaligus. Meski begitu sebenarnya tidak baik mendaftarkan sidik jari sebanyak itu karena perangkat nantinya bisa cepat error, usahakan untuk memperkenalkan jari anda maksimal dua buah saja.

Jangan Pakai Saat Terkena Hujan

Jari yang basah saja dapat menyebabkan error pada sensor fingerprint, apalagi ketika berada di saat kehujanan yang mana air selalu terkena ke Smartphone kita, hal ini bisa berbahaya karena air bisa masuk ke celah sensor fingerprint dan nantinya juga bisa error.

Jangan Pindai Selain Sidik Jari

Cara menjaga sensor fingerprint tetap awet selanjutnya adalah jangan sampai kalian mencoba-coba memindai bagian tubuh yang lain selain jari untuk ditempelkan ke sensor tersebut karena bisa jadi scanner Fingerprint tersebut mengalami error atau malfungsi sehingga sangat sulit untuk mengenali sidik jari pengguna kembali.

Hindarkan Benda Tajam dari Sensor

Memang ada beberapa perangkat yang tahan terhadap goresan termasuk pada sensor fingerprint-nya, namun alangkah lebih baik lagi jika kita merawat perangkat kita supaya tetap awet dan tahan lama. Jika sensor fingerprint kita gores sudah jelas sidik jari kita tidak bisa dikenali lagi oleh Smartphone kita.
Itulah guys beberapa tips cara menjaga sensor fingerprint tetap awet yang dapat kalian terapkan dalam kehidupan keseharian anda, dan jangan sampai dilupakan ya. Jaga Smartphone anda dengan baik dan rawatlah.

Berita ini telah tayang di oketekno.com, Kamis 28 September 2018 dengan judul Berikut Tips yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Sensor Fingerprint Tetap Awet

Komentar