Tips Sederhana Menjaga Berat Badan Saat Puasa

Foto ilustrasi. (Dok: Nuansapagi)Foto ilustrasi. (Dok: Nuansapagi)

TitikNOL - Pada bulan Ramadan, seseorang cenderung makan berlebihan saat berbuka puasa. Disadari atau tidak, kebiasaan ini justru dapat menyebabkan berat badan menjadi naik.

Ini tentu menjadi masalah besar, jika Anda sedang berjuang dengan masalah berat badan dan ingin menurunkannya. Lantas, bagaimana menjaga berat badan saat berpuasa, agar saat berbuka, tidak makan dengan berlebih?

Berikut adalah beberapa tips diet yang bisa Anda ikuti selama bulan Ramadan, yang dapat membantu Anda menjaga berat badan.

Tips 1
Pastikan bahwa makan sahur Anda sehat dan seimbang. Cobalah untuk menghindari makan makanan yang terlalu pedas atau berminyak dan konsumsilah banyak sayuran, buah-buahan dan daging tanpa lemak.

Tips 2
Hindari melewatkan makan sahur, karena makan makanan yang sehat selama sahur akan membuat Anda tetap aktif dan bersemangat sepanjang hari. Melewatkan makan sahur juga dapat memperlambat tingkat metabolisme Anda dan melemahkan kapasitas pembakaran lemak tubuh.

Tips 3
Pastikan Anda minum banyak air dan jus buah-buahan selama sahur dan berbuka. Ini penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan memperlancar metabolisme, yang bisa membantu untuk penurunan berat badan.

Tips 4
Pastikan bahwa Anda memasukkan makanan yang tinggi protein dan kaya kandungan serat, terutama saat berbuka. Karena bisa menyimpan protein , lemak sehat dan serat yang bekerja untuk proses metabolisme Anda sepanjang malam untuk membantu membakar kalori .

Tips 5
Pada bulan Ramadan, akan tersedia begitu banyak makanan dan minuman manis. Mungkin Anda akan sulit melawan mereka. Namun Anda bisa mengganti semua yang manis dengan yang lebih alami, jika Anda ingin menurunkan berat badan, seperti kurma, buah-buahan dan jus.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.suara.com

Komentar