Waspada! Amarah Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Ilustrasi/netIlustrasi/net

TitikNOL - Meluapkan kemarahan selama ini memang dianggap bagus untuk mengurangi stress. Namun, hal itu ternyata juga bisa membahayakan kesehatan. Tanpa kontrol yang bagus, meluapkan kemarahan bisa menyebabkan berbagai masalah.

Di antaranya ialah stroke dan denyut jantung tidak teratur. Selain itu, kemarahan bisa menyebabkan masalah tidur, overeating dan resistensi insulin yang bisa menimbulkan diabetes.

"Kemarahan bisa mengakibatkan masalah baik pada fisik maupun mental Anda," kata peneliti Redford Williams sebagaimana dilansir laman Fox News.

Kemarahan bisa melepaskan hormon adrenalin dan kortisol ke dalam aliran darah yang memicu peningkatan denyut jantung, tekanan darah dan metabolisme gula.

"Jika Anda semakin marah dan agresif, maka hal ini juga bisa meningkatkan nafsu makan," kata Scott Wetzler, wakil ketua departemen psikiatri di Montefiore Medical Center di New York.

Terlalu sering marah juga berbahaya, terutama bagi orang-orang yang sudah memiliki risiko penyakit jantung. Selama ini, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di AS.

 

 

 

Sumber: www.jpnn.com

TAG amarah
Komentar