Waspada, Cemas Berlebih dapat Memicu Gangguan Pada Jantung

Ilustrasi cemas. (Dok: thegirljourney)
Ilustrasi cemas. (Dok: thegirljourney)

TitikNOL - Kurangi rasa cemas atau khawatir. Studi terkini membuktikan jika rasa cemas atau khawatir berlebih justru bisa mengganggu kesehatan. Orang sehat yang terus menerus mencemaskan kondisi kesehatannya, bisa benar-benar menjadi sakit.

Seperti dilansir laman Chosun Ilbo, menurut sebuah studi yang dilakukan di Norwegia, kecemasan terus-menerus tentang kemungkinan terserang penyakit, disebut kecemasan kesehatan, menjadi faktor risiko serius untuk pemicu gangguan jantung.

Setelah mengikuti kesehatan 7.052 orang selama 12 tahun, para peneliti di rumah sakit Sandviken University di Bergen menemukan bahwa mereka yang mencemaskan kondisi kesehatannya, 73 persen lebih mungkin untuk mengidap penyakit jantung.

Para ilmuwan mengatakan penelitian mengandalkan laporan lisan pasien tentang kekhawatiran kesehatan mereka, sehingga mereka tidak tahu apakah mereka punya alasan yang sah untuk menjadi cemas.

Mereka yang memiliki kecemasan kronis umumnya memiliki kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok, minum, dan makan diet yang buruk, yang semua berkontribusi untuk mengembangkan penyakit jantung.

Sumber: www.rimanews.com

Komentar