WhatsApp Tidak Dapat Digunakan Pada Jutaan Smartphone

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

TitikNOL - WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk jutaan smartphone tua. Smartphone tersebut seperti perangkat yang menjalankan iOS 7 serta Android Gingerbread.

Dilansir Metro.co.uk, Rabu (20/6/2018), jutaan smartphone lama yang tidak akan lagi dapat menjalankan aplikasi yang sangat populer. Smartphone dengan iOS 7 tidak akan lagi dapat menggunakan WhatsApp mulai 1 Februari 2020.

Ini berarti siapa pun yang memiliki iPhone 4S atau sebelumnya harus memperbarui, karena ini adalah ponsel tertua yang berjalan di iOS.

WhatsApp juga akan 'menghapus dukungan' untuk perangkat yang menjalankan Android Gingerbread. Ini berarti pembaruan perangkat lunak tidak lagi dapat diinstal pada versi Android tersebut.

Aplikasi pesan instan milik Facebook ini secara diam-diam mengumumkan ponsel-ponsel yang tidak akan lagi mendapatkan dukungan dalam sebuah posting-an yang diperbarui.

Pada 1 Januari 2018, WhatsApp juga menghapus dukungan untuk ponsel yang berjalan dengan BlackBerry OS, BlackBerry 10 atau Windows Phone 8.0.

Berikut ini beberapa sistem operasi yang sudah tidak kompatibel dengan WhatsApp, antara lain versi Android yang lebih tua dari 2.3.3, Windows Phone 8.0 dan yang lebih lama, iPhone 3GS/iOS 6, Nokia Symbian S60 serta BlackBerry OS dan BlackBerry 10.

Dalam sebuah posting-an WhatsApp menuliskan, "‘Karena kami tidak lagi secara aktif mengembangkan sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja".

"Jika saat ini Anda menggunakan sistem operasi yang lebih lama, sebaiknya tingkatkan ke versi yang lebih baru," tulis WhatsApp.

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: Jutaan Ponsel Bakal Tak Bisa Jalankan WhatsApp, Kenapa?

Komentar