Wuling Motors Tunggu Kejelasan Pemerintah Soal Penjualan Mobil Listrik di Indonesia

Ilustrasi. (Dok: money)
Ilustrasi. (Dok: money)

TitikNOL - Tren mobil listrik tengah ramai di pasar otomotif dunia. Pun di Indonesia. Pemerintah lantas mencanangkan, penjualan mobil listrik diharap dapat tumbuh dan berkembang di masa depan. Seiring hal itu, para pabrikan mobil menyatakan siap memproduksi kendaraan yang menggunakan teknologi elektrikal.

Salah satunya Wuling Motors. Pabrikan asal Cina ini menyatakan, secara produk mereka memiliki mobil listrik. Namun untuk dipasarkan di Indonesia, masih ada beberapa pertimbangan.

"Saat ini kami sedang menganalisis kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap mobil listrik. Untuk di Cina, kami sudah punya basic-nya. Bahkan sudah launching mobil listrik di sana. Tapi untuk di indonesia, kami terus menganalisis dan mensurvei seperti apa," papar Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing Wuling Motors saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Cindy menambahkan, selain terus melakukan survei terkait hal itu, pihaknya juga masih menunggu seperti apa kebijakan pemerintah terkait peraturan mobil listrik.

"Saat ini masih terlalu awal membicarakan mobil listrik. Karena dari pemerintah sendiri peraturannya masih belum jelas detailnya seperti apa. Jadi masih menunggu," tambah Cindy.

Sementara di negeri asalnya, Wuling baru saja meluncurkan mobil listrik yang diberi nama Baojun e100. Mobil ini mereka perkenalkan pada Agustus lalu dengan banderol yang terbilang terjangkau. Di sana, Baojun e100 dipasarkan dengan harga mulai 35,268 yuan atau setara Rp 72,2 jutaan, seperti dilansir dari carnewschina.

Mobil yang mirip Smart ForTwo ini memiliki ukuran panjang 2.488 mm, lebar 1.506 mm dan tinggi 1.670 mm. Terbilang kecil, namun ideal digunakan untuk perkotaan yang padat. Teknologi baterai yang digunakan lithium-ion yang membutuhkan waktu 8 jam dalam sekali isi daya dan mampu membuatnya melaju sejauh 155 km.

Baojun e100 dibekali motor listrik yang bisa menghasilkan daya hingga 39 tenaga kuda dengan torsi 110 Nm. Motor listrik itu bisa membuat Baojun e100 melaju hingga kecepatan 100 km/jam. Sedangkan fitur yang tersedia pada Baojun e100 lumayan komplet seperti parking sensors, electronic brakeforce distribution (EBD), electric power steering, anti-lock brake system (ABS), pedestrian alert, electronic parking brake, serta ISOFIX locks for child safety seats.

Berita ini telah tayang di oto.com, Jumat 8 Desember 2017 dengan judul Jual Mobil Listrik di Indonesia, Wuling Tunggu Kejelasan Pemerintah

Komentar