Coldplay Teratas dalam Penjualan Tiket Konser Paling Banyak Tahun 2016

Coldplay saat konser di Auckland, New Zealand. (Dok: scoopwhoop)Coldplay saat konser di Auckland, New Zealand. (Dok: scoopwhoop)

TitikNOL - Serentetan konser musisi menghiasi 2016. Namun dari semua tur itu, milik Bruce Springsteen lah yang paling menguntungkan. Menurut catatan Pollstar, lembaga pelacak industri musik yang dikutip LA Times, konser Springsteen dan E Street Band bertajuk ’The River’ yang menandai 35 tahun karier mereka di industri musik mengantongi US$268,3 juta.

Angka itu setara dengan sekitar Rp3,6 triliun. Padahal konser itu tidak sampai ke negara-negara di Asia Tenggara. Secara total hanya ada 89 negara yang didatangi, termasuk 47 negara di Amerika Utara, 28 negara di Eropa, dan 14 negara di Oceania, termasuk Australia.

Di bawah konser itu, adalah Beyonce yang juga berhasil mengantongi banyak uang dari konser 'Formation'-nya. Dari situ, ia membawa pulang US$256,4 juta atau sekitar Rp3,4 triliun.

Coldplay menyusul dengan konser 'A Head Full of Dreams'-nya, yang tahun depan juga akan merambah Asia. Dari konser itu Chris Martin cs mendapat US$241 juta atau Rp3,2 triliun. Di bawah Coldplay ada Guns N’ Roses dengan US$188,4 juta atau setara dengan Rp2,5 triliun.

Adele melengkapi lima besar peraih pendapatan tertinggi dari konser, dengan membawa pulang pendapatan kotor sekitar US$167,7 juta atau setara dengan sekitar Rp2,2 triliun.

Di bawahnya masih ada Justin Bieber, yang meski punya banyak masalah tahun ini tetap bisa mengantongi US$163,3 juta (Rp2,2 triliun). Paul McCartney menyusul dengan jumlah pendapatan konser sebesar US$110,6 juta, disusul Garth Brooks dengan hasil US$97 juta.

Musisi gaek seperti The Rolling Stones dan Celine Dion masih menempati posisi 10 besar. Konsernya masih menarik, dengan masing-masing membawa US$90,9 juta dan US$85,5 juta.

Meski penghasilan Coldplay nomor tiga dibanding konser-konser musisi lainnya, soal penjualan tiket ia juara. Band asal Inggris itu menjual tiket sampai 2,7 juta sepanjang tahun. Sementara Springsteen menjual 2,4 juta tiket dan Beyonce di bawahnya, 2,2 juta.

Namun, harga tiket mereka terbilang rendah. Sebab Dion merajai harga tiket dengan rata-rata US$146,26. Di bawahnya ada McCartney (US$127,43), The Rolling Stones (US$122,33), dan Beyonce (US$114,59). Harga rata-rata tiket Springsteen di bawahnya, yakni US$111,48.

Menurut Gary Bongiovanni editor Pollstar, tahun ini merupakan masa yang buruk untuk konser. Ia menyebutnya sebagai ‘tahun maraknya pelarangan atau pembatasan konser.’ Meski begitu, penghasilan konser musik dunia tahun ini masih lebih tinggi dibanding tahun lalu.

“Dalam tahun maraknya pelanggaran atau pembatasan konser ini, keseluruhan 10 besar konser saja jika ditotal menghasilkan US$1,67 miliar [setara dengan Rp22,5 triliun],” kata Bongiovanni. “Itu jauh lebih baik dibanding US$1,5 miliar [setara dengan Rp20,2 triliun] yang didapat pada 2015,” tuturnya melanjutkan. Ada peningkatan sekitar 11,3 persen.

Sumber: www.cnnindonesia.com

TAG musik
Komentar