Curhat Alami Pelecehan Seksual, Komas Perempuan Dukung Via Vallen

Via Vallen. (Dok: Kapanlagi)
Via Vallen. (Dok: Kapanlagi)

TitikNOL - Curhatan Via Vallen yang merasa dilecehkan secara seksual oleh pesepakbola jadi viral. Banyak pihak memberikan dukungan pada Via karena berani terbuka soal dm mesum dari pesepakbola terkenal.

Tak cuma rekan sesama artis dan netizen, pihak Komnas Perempuan juga prihatin dengan masalah yang dialami oleh Via. Menurut Komisioner Komnas Perempuan Sri Nurherwati, apa yang dialami oleh pelantun "Sayang" itu merupakan pelecehan seksual berbasis cyber.

"Terkait medianya, ini termasuk cyber harassment, bentuk kekerasan seksual," seru Sri. "Kalau dalam RUU penghapusan kekerasan seksual, masuk dalam pelecehan seksual non fisik."

Sri mengapresiasi Via yang jujur soal pelecehan seksual yang dialaminya meski disindir lebay. Sri menilai curhatan Via di sosial media bisa jadi peringatan para perempuan agar waspada.

"Posting ini sebaiknya dibaca sebagai alarm dukungan," kata Sri. "Agar tidak ada impunitas, dan korban mendapat pemulihan."

Sri berharap para perempuan yang senasib dengan Via tak diam jika dilecehkan oleh lawan jenis. Perempuan harus berani bersuara dan mengambil tindakan atas masalah tersebut. "Korban dapat memproses secara hukum dan mengakses layanan konseling," saran Sri.

Sebelumnya, Via sempat mengungkap kalau seorang pesepakbola memintanya menyanyi dan memakai baju seksi. Via langsung mencak-mencak namun berjanji tak akan membeberkan identitas pesepakbola itu.

Sayangnya netizen yang iseng lantas zoom in screenshot yang diunggah Via di InstaStory. Mereka curiga kalau pelakunya adalah striker Persija, Marko Simic, lantaran foto profil sang pemain mirip dengan yang ada di screenshot Via.

Sejauh ini pihak Simic masih bungkam dan memilih mematikan komentar di Instagram lantaran dihujat netter. Sedangkan manajemen Persija terkesan enggan ikut campur dan malah curiga kalau isu pelecehan seksual itu cuma hoax.

Sementara itu, bintang seksi Nikita Mirzani menganggap curhatan Via terkesan berlebihan. "Itu lebay tahu. Dilecehkan dipegang (tubuhnya) baru. Kalau cuma kayak gitu (kata-kata) itu biasa lah, namanya juga laki-laki," kata Niki.

Berita ini telah tayang di wowkeren.com, dengan judul: Via Vallen Disindir Lebay Karena Curhat Alami Pelecehan Seksual, Komnas Perempuan Beri Dukungan

Komentar