Ini Komentar Joko Anwar Soal Pemutaran Film G30 S/PKI

Joko anwar (Dok: Ziliun)
Joko anwar (Dok: Ziliun)

TitikNOL - Berbagai kalangan setuju untuk memutar kembali film dokudrama Penumpasan Pengkhianatan G30 S/PKI produksi 1984 yang distradarai Arifin C. Noer. Padahal kebenaran ceritanya masih menjadi kontroversi sejumlah pihak.

Mendengar ada wacana tersebut, sineas Joko Anwar tidak keberatan asal mempertimbangkan beberapa hal.

Menurut Joko Anwar, film dokomenter G30 S/PKI adalah sebuah film yang bisa ditonton terlepas dari benar atau tidaknya isi cerita.

Namun, Joko melarang jika film yang diwarnai adegan berdarah itu diputar di televisi.

"Kalau diputer ulang, namanya film terserah asal jangan di televisi lah," ujar Joko Anwar kepada wartawan di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Kenapa karena anak kecil banyak yang nonton, karena film itu mengandung unsur kekerasan yang realistis, jadi kalau di putar di televisi gampang diakses sama anak-anak dibawah umur itu kan nggak oke dong," kata Joko Anwar menambahkan.

Sutradara Pengabdi Setan itu menjelaskan, jika film dokomenter G30 S/PKI diputar ulang harus juga dipikirkan efek dan dampak kepada penonton. Menurutnya, film tersebut hanya diperuntukan untuk dewasa.

"Maksudnya kita menjaga semua tayangan cocok apa enggak ditonton anak kecil. Kalau mau diputer di bioskop atau dimana ya terserah asal yang nonton umurnya cukup," pungkas Joko Anwar.

Berita ini telah tayang di tabloidbintang.com, dengan judul: Joko Anwar Setuju Film G30 S/PKI Diputar Asal . . .

TAG film
Komentar