Lestarikan Bahasa Jaseng Lewat Lagu, Rambo Banten Keluarkan Single Lagu 'Wong Banten Keh'

Foto: Ist
Foto: Ist

SERANG, TitikNOL - Kabar terbaru datang dari Rambo Banten pemuda yang kerap mendubbing bahasa Jawa Serang Banten untuk melestarikan bahasa daerah. Jika biasanya Rambo Banten melestarikan melalui dubbing bahasa, kini ia merambah ke dunia musik indie Banten, dengan mengeluarkan single lagu 'Wong Banten Keh'.

Lagu pertama yang dirilis Rambo Banten ini menggunakan bahasa Jawa Serang Banten dan berisi tentang Banten, bahasanya, seni budayanya hingga bercerita tentang apa saja yang ada di Banten.

"Isinya tentang Banten dan memperkenalkan bahasa, seni budaya dan semua seisinya di Banten, terlebih penting sebagai pribumi harus bersaudaraan dan bersatu untuk melestarikanya," kata Rambo Banten kepada Titiknol.co.id, Rabu (19/9/2018).

Rambo pun menyampaikan awal mula ide kreatif untuk membuat lagu muncul bersama tim kreatifnya dan para pelaku seni alumni SMAN 1 Ciruas yang memiliki tujuannya sama untuk menyebarluaskan bahasa Jaseng serta karakter Banten.

"Awal idenya saya bersama tim mas Ade Wahyu, Abah Yadi dan alumni SMA 1 Ciruas yg mempunyai inisiatif untuk menyebar luaskan karakter Banten. Dan terciptalah lagu itu," ungkapnya.

Proses perekaman lagu pun hanya membutuhkan waktu dua hari, dengan genre musik hip hop yang dikombinasikan dengan suara khas kebantenanya."Dua hari Kamis dan Minggu, didalam lagu itu pun ditambahin kharakter penambahan suara kebantenanya," katanya.

Musik hip hop pun dipilih Rambo Banten karena bisa lebih banyak menceritakan Banten melalui lirik liriknya."Karena dengan hip hop rambo banten bisa lebih banyak menceritakan karakter Bantenya, seperti puisi dan rapp lebih banyak liriknya," sambungnya.

Tentunya Rambo Banten pun berharap melalui lagu semoga singel Rambo Banten bisa diterima masyarakat khususnya di Banten, dan tembus seindonesia dan di kenal oleh dunia.

Para pecinta musik pun bisa langsung menikmati single pertama Rambo Banten berjudul 'Wong Banten Keh' di youtube. Dan bisa langsung juga melihatnya di chanel Youtube Rambo Banten. (Gat/TN2)

Komentar