New York Bangun Museum Khusus Musik Hip Hop

Ilustrasi museum di New York. (Dok: abnsave)Ilustrasi museum di New York. (Dok: abnsave)

TitikNOL - Museum di New York akan bertambah satu tahun depan. Kali ini bukan lagi museum seni lukis atau budaya kontemporer seperti yang sudah ada, melainkan khusus musik hip hop.

Diberitakan NME, museum itu akan dibangun oleh sebuah organisasi nonprofit. Nantinya museum berlokasi di 125th street, Manhattan atau dikenal sebagai jalan utama dari Harlem.

Lokasi itu dipilih karena Harlem merupakan tempat berkembangnya rapper-rapper ikonis dunia, mulai dari Q-Tip, A$AP Rocky, Puff Daddy, sampai Cam’ron dan Kelis.

Museum akan berisi ragam sejarah genre musik hip-hop.

Pembangunannya akan berlangsung dua tahap. Tahap pertama meliputi galeri, biro pengunjung, toko suvenir, kafe, dan museum di lantai dua. Museum itu akan dilengkapi pula dengan tempat penyelenggaraan acara dan studio multimedia untuk film dan televisi.

Pada tahap ke-dua, gedung museum itu juga akan menjadi sebuah lokasi yang terintegrasi dengan hotel, mal, arena olahraga, bahkan tempat konser.

Rencananya, tahap pertama pembangunan akan selesai tahun depan dan museum sudah dibuka untuk umum. Sedangkan tahap ke-dua, tidak memiliki jadwal yang pasti.

Museum hip hop ini dirasa penting untuk mengabadikan perjalanan musik yang kini tengah populer di dunia, meski tahun lalu New York sudah mengubah nama sebuah jalan di Bronx dengan Hip-Hop Boulevard. Bronx juga dikenal sebagai tempat lahir Billboard.

Proyek museum khusus hip hop merupakan bagian dari pembangunan 20 tampat untuk bercerita di New York. Proyek itu dibuat setelah sebuah organisasi nirlaba yang akan membangun museum hip hop di kota tersibuk di AS itu memenangi lokasi pembangunan di Manhattan.

Museum ini sekaligus menambah daftar panjang museum yang ada di New York. The Big Apple itu punya ratusan museum yang merupakan rumah bagi seni dan budaya internasional. New York punya Museum of Sex, Queens Museum, Skyscrapper Museum, Museum of Jewish Heritage, hingga Museum of Chinese in America.

Berita ini telah tayang di Cnnindonesia.com, Senin 12 Juni 2017 dengan judul New York Punya Museum Hip Hop Tahun Depan

TAG musik
Komentar