Pecahkan Rekor Baru, Album 'Reputation' Taylor Swift Tembus 2 Juta Kopi

Album 'Reputation' Taylor Swift. (Dok: Kompas)
Album 'Reputation' Taylor Swift. (Dok: Kompas)

TitikNOL - Taylor Swift kembali menorehkan prestasi baru dalam dunia musik. Kali ini, pencapaian tersebut diperoleh berkat album keenamnya yakni "Reputation".

Dilansir Billboard pada Jumat (23/3), "Reputation" tercatat sukses menembus angka dua juta kopi di Amerika Serikat semenjak dirilis pada November 2017. Tak hanya itu, "Reputation" juga tercatat sebagai satu-satunya album yang mampu mencapai angka tersebut dalam kurun waktu dua tahun terakhir. "Reputation" sendiri berhasil menembus 1,2 juta kopi di pekan debut pertamanya.

Sebelum "Reputation", album terakhir yang menorehkan prestasi serupa adalah "25" milik Adele yang dirilis pada November 2015. Namun tak seperti "Reputation" yang membutuhkan waktu 18 bulan semenjak perilisan untuk menembus dua juta kopi, "25" hanya perlu waktu tiga hari saja dengan total 3,38 juta di pekan pertamanya.

Meski demikian, kesuksesan Taylor Swift tersebut tidak diimbangi dengan antusiasme dunia musik saat ini. Pasalnya, sejak tahun 2017 lalu, hanya ada dua album saja yang mampu menembus satu juta kopi, yakni "Reputation" serta "Divide" milik Ed Sheeran.

Tentu saja hal tersebut sangat kontras jika dibandingkan 10 tahun yang lalu. Dimana saat itu ada sekitar 29 album yang sukses terjual diatas satu juta kopi, bahkan delapan di antaranya menembus angka dua juta.

Antusiasme dalam dunia musik memang selalu mengalami penurunan. Sebagai perbandingan, pada tahun 2017 total album yang terjual adalah 166,3 juta kopi. Berbanding jauh dengan tahun 2007, dimana total album yang terjual sebanyak 500,5 juta, bahkan mencapai angka 790,1 juta pada tahun 1997.

Di sisi lain, meski menorehkan prestasi, nyatanya penjualan "Reputation" tidak sebagus album-album terdahulu milik Taylor. Sebut saja album "Red" yang tercatat menembus angka dua juta dalam waktu lima pekan. Sedangkan album "1989" hanya membutuhkan waktu tiga pekan.

Berita ini telah tayang di wowkeren.com, dengan judul: Tembus 2 Juta Kopi, Album 'Reputation' Taylor Swift Pecahkan Rekor Baru

Komentar