Stephen Hillenburg Pencipta Spongebob Squarepants Meninggal Dunia

Stephen Hillenburg. (Dok: Denofgeek)Stephen Hillenburg. (Dok: Denofgeek)

TitikNOL - Pecinta kartun Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg tutup usia pada Senin (26/11) waktu setempat. Stephen Hillenburg meninggal pada usia 57 tahun akibat penyakit saraf Amyotrophic Lateral Sclerosis atau ALS. Ia didiagnosa menderita ALS sejak Maret 2017 lalu.

"Kami sangat berduka akan kematian Steve Hillenburg akibat perjuangannya melawan ALS. Dia adalah teman dan rekan kreatif kami dalam waktu yang lama, dan hati kami turut berduka bersama seluruh keluarganya," bunyi pernyataan tertulis dari saluran TV yang menyiarkan kartun ternama ini, Nickelodeon.

Nickelodeon juga mengungkapkan karakter kartun tersebut akan selalu dikenang. "Karakter original Stephen dan dunia Bikini Bottom akan menjadi pengingat akan nilai optimisme, pertemanan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas," sambung pernyataan tersebut.

Stephen Hillenburg merupakan seorang guru biologi kelautan di Ocean Institute, California. Ilmu yang dimiliki dan bakat seninya mendorongnya menulis dan membuat ilustrasi cerita sebagai media pembelajaran. Karakter yang diciptakan Stephen Hillenburg ini yang akhirnya berkembang menjadi Bikini Bottom.

Serial kartun SpongeBob Squarepants pertama kali tayang pada 1 Mei 1999 dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa. Serial kartun komedi ini telah memenangi U.S Emmy Awards, British Emmy Awards, Annie Awards (ajang penghargaan untuk film animasi), dan ASACP Awards (penghargaan dari asosiasi komposer, penulis dan penerbit di Amerika).

Hingga kini, serial laris ini telah mengeluarkan lebih dari 200 episode serta memiliki 2 film animasi. Stephen Hillenburg menyutradarai salah satu film animasi tersebut di tahun 2004 lalu.

Berita ini telah tayang di tabloidbintang.com, dengan judul: Pencipta Kartun SpongeBob Squarepants, Stephen Hillenburg Meninggal Dunia

Komentar