Ungkapan Keinginan Shah Rukh Khan Selama Ramadan

Shah Rukh Khan. (Dok: Sosialmagz)
Shah Rukh Khan. (Dok: Sosialmagz)

TitikNOL - "My name is Khan, and I am not a terrorist."

Demikian dialog aktor Shah Rukh Khan yang sangat terngiang di telinga, saat ia memerankan Rizwan Khan dalam My Name Is Khan. Hanya dengan satu kalimat itu, ia seolah mampu membalik stereotip Barat soal Muslim.

Di dunia nyata, Khan sendiri memang seorang Muslim yang bangga akan identitasnya. Salah satu buktinya, hampir setiap tahun melalui akun Twitter ia mendukung saudaranya sesama Muslim yang merayakan Ramadan.

Tak terkecuali tahun ini. Baru-baru ini Khan menulis dengan bahasa Arab dan Inggris, "Semoga kita semua dalam kondisi baik! Selamat merayakan Ramadan untuk semua. Semoga kalian menemukan kedamaian, kebahagiaan, dan perasaan memiliki."

Tahun lalu pun Khan menyampaikan ucapan yang sama, dengan harapan yang tak kalah mulia. Tulisnya, "Melihat ke dalam diri dan menantang diri kita sendiri, ego kita, dengan mata kita sendiri sebagaimana orang lain melihat kita. Selamat Ramadan untuk semua."

Khan, aktor Bollywood yang telah dikenal di dunia termasuk Hollywood, lahir dan dibesarkan sebagai Muslim. Meski begitu, istrinya seorang Hindu. Karena itulah ia sangat menjunjung tinggi toleransi, sampai pernah mengecam India karena intoleran ekstrem.

Awal tahun ini, Khan sudah meminta maaf soal pernyataannya itu, dan menolak berkomentar lagi soal politik maupun agama.

Meski begitu, Khan pernah mengaku dirinya sebenarnya tidak terlalu religius. "Saya tidak religius tingkat tinggi yang sampai saya selalu salat lima kali sehari. Tapi saya Muslim. Saya percaya ajaran Islam dan saya yakin itu agama yang bagus dengan disiplin yang bagus," kata Khan seperti dikutip Morocco World News.

Tapi ia tetap mengajarkan anak-anaknya tentang Islam, meski istrinya Hindu. Ia pernah menulis di Twitter bahwa salat Idul Fitri bersama anaknya adalah hal terindah.

Selain saat Idul Fitri, aktor 50 tahun itu memang selalu suka menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Belakangan, seperti diberitakan Hindustan Times ia mengaku sampai terbang ke London untuk bertemu anak sulungnya, Aryan. Mereka bersenang-senang dengan berkunjung ke banyak tempat.

Tapi hal paling disukai Khan adalah bermalas-malasan di sofa bersama anak-anak. "Kami duduk di sofa dan menonton film. Jangan bilang siapa-siapa, ada hari-hari sampai kami tidak mandi. Saya pun menonton Finding Nemo sampai 13 kali dalam lima hari."

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.cnnindonesia.com

Komentar