Curi Laptop Orang Dekat Ketua Kadin Banten, 2 Pelaku Dibekuk Polisi

Press conference pengungkapan kasus pencurian. (Foto: TitikNOL)
Press conference pengungkapan kasus pencurian. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Dua pelaku congkel mobil di Bank Jawa Barat (BJB) Cabang Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, dibekuk tim Serigala Satreskrim Polres Lebak, Senin, (8/3/2021). Mereka di antaranya RG (33) dan AS (49).

Kedua pelaku tersebut beraksi pada Jumat, (5/3/2021) lalu. Kedua pelaku itu menggasak satu unit laptop milik Endan, yang diketahui salah satu orang kepercayaan Ketua Kadin Banten, Mulyadi Jayabaya yang disimpan di dalam mobil jenis Toyota Avanza.

"Ya pelaku ini merupakan spesialis pencongkel mobil. Keduanya mencuri laptop yang berada di dalam mobil korban. Saat itu kondisi kendaraan tengah terparkir di Bank BJB," ujar Kasatreskrim Polres Lebak, IPTU Indik Rusmono saat ekspose di Mapolres Lebak, Senin, (15/3/2021).

Indik Rusmono menjelaskan, setelah membawa kabur laptop milik korbannya, kedua pelaku melarikan diri ke daerah Jawa Timur menggunakan mobil rental jenis Honda Brio berwarna hitam.

"Kita selidiki, ternyata kedua pelaku tengah berada di daerah Bojonegoro, Jawa Timur. Saat itu juga kita lakukan penangkapan," terang Kasatreskrim ini.

"Saat itu kondisi pelaku masih di dalam kendaraan," tambahnya.

Kata Indik, kedua pelaku mengakui telah menjual laptop hasil curiannya ke salah seorang penadah berinisial HD (36) di sekitaran Kota Bekasi.

"Penadahnya juga kita berhasil amankan. Termasuk laptop hasil curian," katanya.

Atas perbuatanya, kedua pelaku dijerat pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sedangkan tersangka HD selaku penadah dijerat pasal 480 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara. (Zal/Gun/TN1)

Komentar