Jelang Pensiun, Nama-Nama Pengganti Kapolri Bermunculan

Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti. (Dok:net)Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti. (Dok:net)

Jakarta, TitikNOL - Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti akan memasuki masa pensiun pada Juli 2016 mendatang. Sebagai gantinya, nama-nama penganti jenderal bintang empat tersebut mulai bermunculan.

Ketua Komisi III Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, ada beberapa nama bintang tiga yang layak menjabat posisi Kapolri yang baru. Namun sampai saat ini nama-nama penganti Kapolri akan baru masuk setelah masa reses DPR.

"Ya, kalau Juli pensiun, kelar reses nanti ada nama yang masuk. Menyangkut nama-nama 'jenderal bintang tiga' di Mabes punya peluang yang sama. Apalagi Budi Gunawan dan Badrodin Haiti juga peluang besar," kata politisi yang akrab disapa Bamsoet di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (16/3/2016).

Namun pemilihan Kapolri nanti, lanjut dia, pihak DPR RI hanya melakukan penyeleksian awal. Setelah itu DPR menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. "Semua tergantung 'selera istana', tapi memang masukannya dari Wanjakti Polri. Satu nama dikirim ke DPR. Semua kewenangan DPR," tandasnya. (Bar/red)

Komentar