Masyarakat Terima Keluarga Mantan Gafatar ke Rumah, Tapi...

Ilustrasi/netIlustrasi/net

Cilegon-TitikNOL- Keluarga eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) Yosep Nugroho (49) dipulangkan ke kediaman orang tuanya di Lingkungan Kependilan Baru, Kelurahan Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Rabu (3/2/2016).Pemulangan eks Gafatar tersebut  diterima oleh warga panggungrawi dengan memberikan persyaratan pada tiga orang eks Gafatar itu.

Lurah Panggungrawi Muhriji mengatakan, pihaknya menemani keluaraga Yosep hingga ke kediaman orangtuanya.Pihaknya memberikan surat perjanjian dan telah disepakati oleh Yosep.“Sementara ada perjanjian pribadi yang ditanda tangani dia (Yosep), nanti Yosep juga diminta untuk berjanji di depan khalayak ramai,”Jelasnya.

Diungkapkan Muhriji, salah satu perjanjian penting yang nantinya harus dilakukan Yosep adalah mengucap sahadat di masjid dan disaksikan warga. “Tentu dia juga harus berjanji tobat dan benar-benar meninggalkan Gafatar,”Imbuhnya.

Lebih lanjut, Muhriji mengaku mengagendakan Yosep untuk mengucap janji di depan warga dalam pekan ini. Kata dia, harusnya Yosep mengucap sahadat hari ini, namun karena ia dalam keadaan sakit jadi ditunda.“Yang jelas dia akan bersahadat disaksikan warga sekitar pada satu atau dua hari ke depan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon Abadiyah membenarkan keluarga Yosep sudah dipulangkan ke kediaman keluarganya. “Satu keluarga sudah dipulangkan dan diterima baik, walaupun ada persyaratan, sedangkan untuk keluarga Hekki (eks Gafatar) lainnya  belum dipulangkan dan kabarnya anggota keluarganya sedang mencari tempat tinggal untuk dia di Jakarta,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Abadiyah menginginkan warga Cilegon dapat menerima eks Gafatar  ke rumah masing-masing dan kembali ke masyarakat , meski mereka sempat ikut gafatar,kata dia ,  bukan berarti harus dibenci atau ditolak untuk  tinggal bersama. “

Mereka hanya terpengaruh orang lain saja, sekarang kan sudah ada pernyataan mereka tobat dan tidak akan melakukan hal itu lagi. Jadi saya harap warga bisa menerima mereka, tentu sambil memantau aktifitas mereka juga,” Harapnya.(Ar/red)

Komentar