Polda Banten Kantongi Nama-Nama Penyebar Hoax Surat BMKG saat Gempa

Ilustrasi. (Dok: Bintang)Ilustrasi. (Dok: Bintang)

SERANG, TitikNOL - Ditkrimsus Polda Banten sudah kantongi nama-nama penyebar hoax surat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), soal bencana tsunami pasca gempa yang melanda Banten Selatan.

Dikatakan Dirkrimsus Polda Banten Kombes Pol Abdul Karim, sudah ada empat nama yang sudah dimintai keterangan yakni P, S, Pm dan Bk.

"Semuanya statusnya saksi, sudah kita lakukan pemeriksaan juga, karena ke empatnya koperatif," kata Abdul, ditemui di Polda Banten, Rabu (31/01/2018).

Kombes Pol Abdul juga menjelaskan, jika penyebaran hoax ini berawal dari salah satu akun whatshap pribadi yang disebar ke tiga grup.

"Ini menggunakan akun pribadi dan diviralkan juga melalui instagram. Kita masih melakukan pengembangan juga terkait niatnya mereka itu apa," jelasnya.

Saat ini, ke empat saksi tersebut tidak dilakukan penahanan. Pasalnya, masih dalam proses pengembangan untuk mencari otak dari penyebaran hoax.

"Ini prosesnya sudah sidik, kita lagi cari tau niat dan siapa dibelakang terkait penyebaran hoak ini," tegasnya.

Perlu diketahui, Ditkrimsus Polda Banten telah menindaklanjuti laporan dari BMKG Kelas I Serang terkait penyebaran hoax surat BMKG yang berisi akan terjadinya bencana tsunami pasca gempa yang melanda Banten Selatan. (Gat/TN1)

Komentar