PT.Dover Chemical Meledak, Satu Orang Tewas Terpanggang

PT Dover Chemical meledak sehingga menimbulkan kebakaranPT Dover Chemical meledak sehingga menimbulkan kebakaran

CILEGONTitikNOL - PT.Dover Chemical yang merupakan salah satu pabrik penyimpanan bahan kimia terbesar di Kota Cilegon, meledak dan terbakar, akibatnya satu orang tewas empat lainnya luka-luka. Kamis (18/2/2016)

Kebakaran pabrik penyimpanan bahan kimia yang berlokasi di Jalan Raya Merak-Cilegon tepatnya Lingkungan Kramat, Kelurahan Gerem,Kecamatan Grogol tersebut terjadi pada pukul 14.00 WIB saat para karyawan sedang bekerja membuat ratusan karyawan panik dan berhamburan keluar area pabrik untuk menyelamatkan diri.

Menurut keterangan warga, saat terjadi kebakaran sempat terdengar dua kali suara ledakan keras, sehingga warga yang berada di sekitar juga ikut panik. "Setelah meledak,kami warga disini langsung mencium bau bahan kimia menyengat. Mungkin itu dampak ledakan," Ujar Haerudin.

Tidak hanya menimbulkan bau menyengat, lanjut Haerudin, kebakaran yang diikuti suara ledakan itu ,juga membuat warga sekitar panik dan keluar dari rumah untuk menyelamat diri. "Untung saja banyak mobil pemadam datang, sehingga api cepat padam," katanya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun,kebakaran yang diiringi dengan suara ledakan itu terjadi, ketika  proses  pemindahan bahan kimia dari tempat penampungan ke mobil tanki berlangsung. Diduga adanya kesalahan prosedur saat  proses pemindahan, sehingga terjadi ledakan .

Kapolsek Pulomerak Kompol Muhammad Yosa Hadi yang dikonfirmasi di lapangan mengungakapkan, pihaknya kini masih terus melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran. "Dilokasi ada tiga mobil tanki dan dua tronton box, dan semuanya terbakar," katanya.

Untuk mempermudah proses penyelidikan, lanjut Kapolsek, pihaknya hingga sudah melakukan sterilisasi dengan cara memasang garis polisi di Tempat Kejadian Perkaran (TKP). "Saya belum tahu berapa jumlah korban, tapi untuk sementara ada  satu orang tewas terpanggang, dan satu orang kritis ," Ungkapnya.

Sementara itu, Human Resorce dan General Afair PT Dover Chemical, Dade Suparna, tidak bisa berkomentar banyak terkait dengan insiden tersebut, "Saya belum bisa komentar banyak ,berapa jumlah korban .Yang jelas setiap orang yang luka tadi langsung kita bawa ke Rumah Sakit Krakatau Medika Cilegon, kita juga belum tahu penyebab ledakan," katanya. (Ar/Red)

Komentar