Tim Saber Pungli OTT Oknum Disdukcapil Pandeglang dan Dishub Kota Serang

Ilustrasi. (Dok: jawapos)
Ilustrasi. (Dok: jawapos)

SERANG, TitikNOL – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polda Banten, berhasil menangkap tangan oknum Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang dan oknum Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang.

Informasi yang diperoleh dari saksi mata, Operasi Tangkap Tangan (OTT) terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, berawal saat petugas Intel Polda Banten mengawasi oknum Disdukcapil Kabupaten Pandeglang di warung belakang gedung Disdukcapil.

Setelah melihat ada barang bukti yang dibawa oleh oknum yang diketahui berinisial N tersebut, petugas langsung menangkap dan membawa pelaku.

“Saya lagi bikin akte, pas saya kebelakang ada salah satu intel yang saya kenal cuman saya pura-pura tidak tahu. Tidak lama kemudian ada salah satu pegawai yang diamankan anggota intel tadi dan langsung digiring ke ruang atas,” kata saksi mata bernama Dede Parman, Selasa (26/7/2017).

Setelah anggota intel tersebut mengamankan salah satu pegawai itu, Dede mengaku tidak mengetahui lagi kejadian berikutnya. Namun Dede menyebut, pasca adanya penangkapan itu, petugas langsung memita para warga yang antre di Disdukcapil untuk ke luar ruangan.

“Saya kurang tau kejadian waktu di lantai dua soalnya warga disuruh keluar. Kemungkinan dimintai keterangan, kalau barang yang dibawa satu buah amplop tapi yang lainnya saya kurang tahu apalagi yang dibawa,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ada 11 orang yang dibawa oleh tim Saber Pungli ke Mapolda Banten untuk dimintai keterangan. Ke-11 orang itu di antaranya Kabid Piak, Kabid Kependudukan dan Kasi Kependudukan serta lainnya.

"Kalau tidak salah ada sebelas orang yang dibawa, kalau Kadisnya kebetulan tidak ada di ruangan tapi beliau juga sepertinya ikut ke sana (Polda) bareng petugas Saber Pungli,” katanya.

Sementara itu, Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus AKBP Nunung Syaifudin mengaku belum menerima laporan akan OTT di Disdukcapil Pandeglang. “Saya baru terima laporan yang di Kasemen, Kota Serang,” kata Nunung.

Terpisah, Direktur Kriminal Khusus Polda Banten Kombes Pol Widoni membenarkan OTT yang dilakukan anggota gabungan siang tadi, salah satunya penggerebekan atau operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Uji KIR, Dinas Perhubungan Kota Serang, Selasa (25/7/2017). Di lokasi itu, petugas mengamankan enam orang.

“Iya benar (penangkapan di Pandeglang dan Serang, red). Itu langsung dipimpin oleh Irwasda tadi. Beliau yang pimpin langsung Tim Saber Pungli ini. Lebih jelasnya langsung tanyakan ke Irwasda yah,” kata Widoni, saat dihubungi wartawan.

Informasi yang diterima, Tim Saber Pungli mengamankan sekitar enam orang petugas di Kantor Uji KIR, Dishub Kota Serang di Jalan Banten Lama, Kasemen, Kota Serang dan 11 orang di kanor Disdukcapil Pandeglang.

Pantauan di ruang Reserse Kriminal Khusus Polda Banten, beberapa oknum pegawai Dishub Kota Serang tengah menjalani pemeriksaan maraton di hadapan Penyidik. (Gat/ted)

Komentar