Edy Rahmayadi Resmi Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2016/2020

Ketua PSSI, Edy Rahmayadi. (Dok: sindonews)
Ketua PSSI, Edy Rahmayadi. (Dok: sindonews)

TitikNOL - Pangkostrad TNI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2016/2020 menggantikan La Nyala Mattalitti setelah menangkan pemungutan suara dengan suara mayoritas dalam Kongres PSSI 2016 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Kamis (10/11).

Dalam kongres yang sempat memanas, membuat tiga calon ketua umum tidak bisa mengikuti proses tersebut karena berbagai alasan. Erwin Aksa dan Toni Aprilani memilih mundur, sementar Djohar Arifin Husin ditolak mayoritas pemilik suara. Dengan demikian tinggal tersisa enam calon Ketua Umum PSSI saja dinyatakan lolos verifikasi yang dilakukan sebelum pemungutan suara di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, tersebut.

Dalam pemungutan suara tersebut, nama Edy Rahmayadi selalu memimpin jumlah suara. Sementara pesaingnya, Moeldoko, hanya mendapatkan sedikit suara. Edy Rahmayadi, yang juga menjabat sebagai Pangkostrad TNI, berhasil terpilih sebagai Ketum PSSI setelah mencapatkan 76 suara. Pesaing terdekatnya, Moeldoko, mendapatkan 23 suara dan Eddy Rumpoko hanya satu suara saja. Sedangkan, tiga calon Ketum PSSI lainnya yaitu Sarman, Bernhard Limbong, dan Kurniawan Dwi Yulianto gagal mendapatkan satu suara pun.

Pangkostrad TNI itu menyatakan, ini merupakan awal dari revolusi sepakbola Indonesia untuk maju ke depan. Kemenangan ini adalah awal sepakbola kita untuk maju. Sepakbola ini adalah kedaulatan rakyat, dan semua itu yang akan kita atur nanti,"tandasnya.

Suksesnya Edy Rahmayadi menjadi komando PSSI, terkait mendapat dukungan dari para pemegang hak suara yang tergabung dalam Kelompok 85 (K-85), yang awalnya diklaim bahwa Edy mendapat sekitar 92 pendukung. "Suara saya tadi dapat 76. Itu tidak membelot kalau saja di tengah jalan dia ingin memilih yang lain,"tutur Edy

Seperti diketahui Pemilihan Ketua Umum SSI dilakukan dengan total 107 voter hadir di Kongres PSSI tahun ini. Calon ketum yang hanya mendapatkan suara kurang dari 25 persen dinyatakan gugur. Sementara, calon ketum yang mendapat suara di atas 25 persen akan berlanjut ke tahap berikutnya. Namun apabila ada satu calon mendapat suara 50 persen plus satu maka ia otomatis menjadi ketua umum.

Daftar Total Peraihan Suara
* Eddy Rahmayadi: 76
* Moeldoko: 23
* Eddy Rumpoko: 1
* Benhard Limbong: 0
* Kurniawan Dwi Yulianto: 0
* Sarman El Hakim: 0
* Tidak sah: 7

Sumber: www.cekskor.com

TAG pssi
Komentar