Hasil Kualifikasi Piala AFC U-22, Indonesia Kalah Telak dari Malaysia

kualifikasi Piala Asia Indonesia vs Malaysia yang digelar di National Stadium, Bangkok. (Dok: Bola)
kualifikasi Piala Asia Indonesia vs Malaysia yang digelar di National Stadium, Bangkok. (Dok: Bola)

TitikNOL - Laga perdana Timnas U-22 di kualifikasi Piala Asia berakhir dengan antiklimaks. Garuda Muda harus tersungkur di tangan Malaysia pada laga yang digelar di National Stadium, Bangkok, Thailand.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla, membuat keputusan yang cukup mengejutkan dengan menyimpan Evan Dimas dan Hansamu Yama. Kedua tim tampil dalam tempo lambat di menit-menit awal, Indonesia berusaha membongkar pertahanan Malaysia, namun Garuda Muda tampak kesulitan menembus tembok pertahanan tim Negeri Jiran.

Hal ini terbukti dengan 3 gol yang bersarang di gawang Indonesia pada babak pertama. Indonesia kebobolan lewat gol cepat Malaysia di menit ke-4. Lolos dari jebakan offside setelah menerima umpan lambung sontekan Syafiq sukses merobek gawang Indonesia yang dijaga kiper Satria Tama.

Tertinggal satu gol, Indonesia mencoba mengejar ketertinggalan. Ricky Fajrin membuka peluang membobol gawang Malasyia di menit ke-10, namun tendangan kerasnya dari lusr kotak pinalti masih mampu diantisipasi kiper Malaysia.

Alih-alih menyamakan skor, pasukan Luis Milla juistru kembali kebobolan. Striker Malaysia, Jafri Firdaus kembali memaksa kiper Indonesia Satria Tama memungut bola dari gawangnya sendiri di menit ke-19.

Usai gol kedua, Indonesia masih dalam posisi tertekan atas Malaysia. Tim berjuluk Harimau Malaya tersebut mamou tampil cukup disiplin di lini pertahanan dan melakukan banyak serangan berbahaya ke jantung pertahanan Indonesia.

Terus diserang, Indonesia akhirnya kembali kebobolan di menti ke-30. Striker Malaysia, Thanabalan Nadarajah yang berdiri bebas berhasil memanfaat tendangan sudut dan menceploskan bola ke gawang Satria Tama, 3-0 Malaysia unggul atas Indonesia.

Tiga gol mengakhiri laga babak pertama dengan tunduk layu anak asuh Luis Milla. Pada babak kedua, Indonesia mencoba melakukan serangan lebih intens.

Namun skuat asuhan Ong Kim Swee bermain lugas dan disiplin. Gagal menembus pertahanan Malaysia, Garuda Muda justru harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-69.

Pelanggaran keras Asnawi Mangkualam Bahar berbuntut kartu merah langsung dari wasit. Situasi ini semakin memojokkan skuat Garuda Muda.

Tak ada lagi gol tercipta di sisa pertandingan usai Malaysia mencetak gol ketiga mereka. Wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya paruh pertama, keduukan tak berubah, Malaysia 3-0 Indonesia.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia: Satria Tama, Ricky Fajrin, Bagas Adi Nugroho, Andi Setyo, Putu Gede, Hanif Sjahbandi, Gian Zola, M. Hargianto, Septian David Maulana, Marinus Wanewar, Febri Hariyadi

Malaysia: Ifwat, Adib, Irfan, Adam, Ariff, Danial Amier, Amirul, Syazwan Andik, Thanabalan, Jafri, Syafiq

Berita ini telah tayang di Indosport.com, Rabu 19 Juli 2017 dengan judul Indonesia U-22 0-3 Malaysia U-23: Garuda Muda Terkoyak

Komentar