Senin, 22 Juli 2024

Higuain Bawa Juventus Menangi Laga Kala Bertandang ke Markas Monaco

Higuain mengakhiri puasa lesakan yang telah berlangsung dalam tujuh partai fase gugur kompetisi kasta teratas Eropa. (Dok: goal)
Higuain mengakhiri puasa lesakan yang telah berlangsung dalam tujuh partai fase gugur kompetisi kasta teratas Eropa. (Dok: goal)

TitikNOL - Gonzalo Higuain menjadi protagonis Juventus saat menang 2-0 atas tuan rumah AS Monaco pada partai pertama semifinal Liga Champions di Stade Louis II, Rabu (3/5/2017).

Striker asal Argentina itu mencetak dwigol pada menit ke-29 dan ke-59. Dengan begitu, Higuain mengakhiri puasa lesakan yang telah berlangsung dalam tujuh partai fase gugur kompetisi kasta teratas Eropa.

Adapun buat AS Monaco, hasil ini sekaligus mengakhiri catatan tanpa terkalahkan mereka pada Liga Champions musim ini.

Pertandingan sebenarnya berlangsung tidak terlalu timpang menilik peluang. AS Monaco melakukan enam tembakan tepat sasaran, sedangkan Juventus memiliki satu tendangan jitu lebih sedikit.

Hanya, Juventus memamerkan efektivitas dan kejelian dalam memanfaatkan celah di pertahanan tuan rumah. Contohnya adalah lesakan pertama mereka.

Dengan kawalan ketat pemain lawan, Dani Alves masih sempat melepaskan umpan dengan tumit di kotak penalti. Dari belakang, Higuain menyambut dengan tembakan kaki kanan ke pojok bawah gawang Danijel Subasic.

Keunggulan satu gol mendorong Juventus untuk tampil lebih defensif. Alhasil, AS Monaco kesulitan memasuki kotak hingga babak pertama berakhir.

Setelah jeda, AS Monaco kembali menebar sejumlah ancaman. Ada dua percobaan dari Radamel Falcao dan Bernardo Silva dalam enam menit pertama, tetapi selalu bisa diantisipasi oleh Gianluigi Buffon.

Alih-alih menuai hasil dari serangkaian serangannya, pasukan Leonardo Jardim malah kecolongan pada menit ke-59. Lagi-lagi, skenario gol diwarnai kombinasi Alves dan Higuain.

Dari kanan, Alves melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Satu sentuhan, Higuain menembak bola hingga menggetarkan jala Subasic untuk kali kedua.

Seusai lesakan tersebut, waktu sisa mempertontonkan sejumlah kegemilangan Buffon. Penjaga gawang uzur itu menggagalkan dua peluang dari Falcao dan Silva lagi.

Skor 2-0 untuk kemenangan Juventus pun menutup laga ini. Jalan tim beralias I Bianconeri menuju partai final pun terbuka lebar.

Susunan pemain

AS Monaco: 1-Danijel Subasic; 7-Nabil Dirar, 25-Kamil Glik, 5-Jemerson, 19-Djibril Sidibe; 10-Bernardo Silva (38-Almamy Toure 81'), 2-Fabinho, 14-Tiemoue Bakayoko (8-Joao Moutinho 67'), 27-Thomas Lemar (18-Valere Germain 67'); 9-Radamel Falcao, 29-Kylian Mbappe Lottin.

Juventus: 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini, 12-Alex Sandro; 5-Miralem Pjanic (18-Mario Lemina 89'), 8-Claudio Marchisio (28-Tomas Rincon); 23-Daniel Alves, 21-Paulo Dybala, 17-Mario Mandzukic; 9-Gonzalo Higuain (7-Juan Cuadrado 77').

Berita ini telah tayang di Kompas.com, Kamis 4 Mei 2017 dengan judul Hasil Liga Champions, Higuain Menangkan Juventus di Kandang Monaco

Komentar