Ini Alasan Yamaha Keluarkan Valentino Rossi

Valentino Rossi. (Dok: Liputan6)
Valentino Rossi. (Dok: Liputan6)

TitikNOL - Menjelang seri pembuka MotoGP musim 2020 ini, tim pabrikan Monster Energy Yamaha MotoGP menyampaikan bahwa pembalap Spanyol, Maverick Vinales dan rider Prancis, Fabio Quartararo akan bertandem untuk skuad mereka di 2021 dan 2020.

Sementara bintang Italia, Valentino Rossi telah resmi dikeluarkan dari tim utama, jika tetap ingin bertahan di MotoGP, Yamaha bersedia memberikan motor pabrikan dan dukungan penuh untuk Rossi, walau akan berada di tim satelit.

Managing director Yamaha Racing, Lin Jarvis, yang membantu mengontrak Rossi ke proyek Yamaha yang pada saat itu sedang berjuang di tahun 2004 menjelaskan kondisi Rossi yang sekarang.

“Keputusan Rossi yang sepenuhnya dimengerti untuk menilai daya saingnya pada tahun 2020 sebelum membuat keputusan tentang 2021 adalah sesuatu yang dihormati dan juga sepenuh hati disetujui oleh Yamaha.

Sementara kami sangat menghormati dan percaya pada kemampuan dan kecepatan Rossi untuk musim 2020, pada saat yang bersamaan Yamaha juga harus merencanakan masa depan.

Saat ini, dengan enam pabrikan motor di kelas MotoGP, talenta muda yang cepat sangat laris, dan akibatnya pasar pembalap dimulai lebih awal,” kata Jarvis kepada Crash.

“Jadi, ini sensasi aneh untuk memulai musim dengan mengetahui bahwa Rossi tidak akan berada di Tim Pabrikan lagi pada tahun 2021, tapi Yamaha akan tetap ada untuk Rossi, apa pun yang dia putuskan untuk masa depan.

Jika dia merasa percaya diri dan terus membalap, kami akan menyediakan motor YZR-M1 dan dukungan teknis penuh dari pabrikan.

Jika dia memutuskan untuk pensiun, kami akan melanjutkan dan memperluas kolaborasi kami di luar lintasan dengan program pelatihan pembalap muda dari Riders Academy dan Yamaha VR46 Master Camp, dan bersamanya sebagai brand ambassador Yamaha,” tegas pria Inggris itu menambahkan.

“Ngomong-ngomong, itu semua masih spekulasi, sekarang ini kita memiliki musim penuh di depan kita dan saya dapat meyakinkan para penggemar bahwa Rossi akan mendapat
dukungan 100% setiap hari sampai akhirnya dia suatu hari memutuskan untuk menggantungkan baju balapnya!,” tegas Jarvis dengan sangat yakin.

Jadi, Rossi akan mengumumkan apakah pensiun atau tetap lanjut setelah menjalani beberapa seri awal musim 2020 ini.

Berita ini telah tayang di rungansport.com, dengan judul: Ini Alasan Yamaha Keluarkan Rossi dari Tim Pabrikan

Komentar