Laga ke-600 Gianluigi Buffon Diwarnai Kemenangan Atas Chievo

Gianluigi Buffon. (Dok: dailymail)
Gianluigi Buffon. (Dok: dailymail)

TitikNOL - Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, mencatatkan penampilan ke-600 di Serie A saat Bianconeri bertanding menghadapi Chievo Verona, Minggu (6/11/2016). Rekor ini menjadikan Buffon sebagai pemain keempat yang menembus 600 penampilan di kompetisi kasta tertinggi di Italia tersebut.

Tahun 1995 merupakan tahun di mana Buffon memulai karier seniornya. Pada usia 17 tahun, kiper kelahiran Carrara ini menembus skuat senior Parma yang ketika itu ditangani Nevio Scala. 21 tahun telah berlalu dan kualitas Buffon sebagai penjaga gawang tidak meluntur.

Hingga kini, Buffon tercatat sebagai kiper termahal di dunia. Ia mendapatkan predikat tersebut setelah diboyong Juventus dari Parma pada tahun 2001. Musim 2016-17 merupakan musim ke-16 Buffon bersama La Vecchia Signora.

Laga ke-600 Buffon di Serie A diwarnai dengan kemenangan penting atas Chievo. Juventus mengakhiri laga dengan skor 2-1 berkat gol Miralem Pjanic. Kemenangan tersebut mengukuhkan posisi Bianconeri di puncak klasemen Serie A dengan koleksi 30 poin, unggul empat poin atas pesaing terdekatnya, AS Roma.

Saat ini rekor penampilan terbanyak di Serie A dipegang legenda AC Milan, Paolo Maldini, dengan catatan 647 penampilan. Pemain selanjutnya, adalah legenda Inter Milan, Javier Zanetti dengan 615 penampilan. Dari empat pemain yang sudah menembus 600 penampilan di Serie A, hanya Buffon dan Francesco Totti yang masih aktif bermain.

Beberapa waktu lalu, Gianluigi Buffon menyatakan akan pensiun dari sepak bola usai Piala Dunia 2018, atau ketika usianya sudah 40 tahun. Hingga saat itu tiba, Gigi masih mempunyai dua musim berjalan untuk melanjutkan karier di level klub. Jika bisa bermain penuh hingga musim mendatang, maka Buffon bisa mendapat predikat sebagai pemain yang paling banyak tampil di Serie A.

Sumber: www.bola.com

Komentar