Membanggakan, Pemain Asal Baduy FC akan Bela Timnas Indonesia U-16

Awan, pemain asal Baduy FC. (Dok: indosport)
Awan, pemain asal Baduy FC. (Dok: indosport)

TitikNOL - Sebuah prestasi membanggakan berhasil diciptakan klub sepakbola masyarakat adat Baduy yang baru genap berumur satu tahun pada April 2016 lalu. Pasalnya, mereka sukses mengirim satu pemainnya ke Timnas Indonesia yang akan berlaga di sebuah kompetisi internasional, Rabu (23/11/16).

Usia klub sepakbola masyarakat adat Baduy, Baduy FC mungkin boleh dibilang tergolong sangat muda, mengingat klub ini baru didirikan oleh Andi Suhud Trisnahadi tahun 2015 lalu, tepatnya pada bulan April.

Namun, jangan sekali-sekali meremehkan klub yang biasa berlatih di Desa Leuwidamar, Lebak, Jawa Barat ini. Lihat saja di usianya yang masih sangat muda, Baduy FC sudah mampu mengirim wakilnya untuk berlaga membela Indonesia di kompetisi internasional.

Nama pemain Baduy FC itu adalah Awan yang saat ini berusia 15 tahun. Awan terpilih mejadi salah satu pemain Timnas Indonesia U-16 yang berlaga di ajang Singa Cup U-16 2016 di Singapura.

Andi yang merupakan manajer klub Baduy FC pun menceritakan proses terpilihnya Awan menjadi penggawa skuat Garuda Muda.

"Jadi sebelum ditunjuk jadi pelatih Baduy FC, pak Asep Kurnia dan pelatih lainnya selama sebulan liat-liat latihan kita. Nah saat itu mereka kaget melihat bakat yang dimiliki Awan," tuturnya.

"Lalu mereka sempat berdiskusi untuk bawa Awan ikut seleksi, kebetulan Timnas usia 16 tahun mau ikut turnamen Singa Cup U-16 di Singapura."

"Akhirnya dua minggu yang lalu, Awan dibawa audisi ke Tangerang terus ke Bandung dan ternyata lolos. Saat ini Awan rutin berlatih baik bersama Timnas di Tanggerang, maupun bersama Baduy FC di lapangan desa Leuwi Damar," unkapnya.

Keberhasilan gelandang Baduy FC yang terpilih membela Timnas itu ternyata sempat menimbulkan kekhawatiran, terkait tanggapan kedua orang tuanya yang merupakan penduduk asli Baduy.

Seperti kita ketahui, masyarakat Suku Baduy sedikit menutup diri dari budaya luar, termasuk sepakbola. Namun, kekhawatiran itu ternyata tidak terbukti setelah kedua orang tua Awan justru mendukung kiprah anaknya di sepakbola.

"Orang tuanya mendukung sekali dan ini mengagetkan saya juga. Soalnya seperti kita ketahui, sepakbola itu kan bukan bagian dari budaya Baduy."

"Setelah itu, orang tuanya bertanya dengan para ketua adat, dan ternyata tidak ada larangan. Jadi intinya kalo ketua adat tidak melarang, ya tidak masalah buat Awan bermain di Timnas," tutupnya.

Rencananya, Awan dan pemain Timnas Indonesia U-16 yang mengikuti Singa Cup akan terbang ke Singapura pada 26 Desember 2016 mendatang.

Sumber: www.indosport.com

TAG bola
Komentar