Momok Valentino Rossi Akan Sirkuit Ricardo Tormo

Valentino Rossi. (Dok: mxlarge)Valentino Rossi. (Dok: mxlarge)

TitikNOL - Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, akan tampil di seri pamungkas MotoGP 2016 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada Minggu 13 November malam WIB. Meski sudah mengunci posisi runner-up, The Doctor diyakini akan tampil maksimal untuk menjadi pemenang di Valencia.

Namun, catatan Rossi di Valencia nyatanya tak terlalu gemilang. Semenjak Sirkuit Ricardo Tormo dijadikan arena Grand Prix pada 2002, baru dua kali Rossi menjadi yang terbaik di lintasan yang berada di daerah Cheste tersebut.

Kemenangan itu dicetak pada 2003 saat masih membela Honda dan 2004 ketika beralih tim ke Yamaha. Hal itu berarti hingga 2015, sudah 11 kali Rossi gagal menjadi yang tercepat di Sirkuit Ricardo Tormo.

Bahkan dalam kurun lima tahun terakhir atau dalam periode 2011-2015, hanya satu kali Rossi naik podium di Valencia. Hal itu terjadi pada MotoGP 2014, yang mana Rossi finis di posisi dua.

Meski memiliki catatan buruk, bukan berarti Rossi tak memiliki peluang untuk menang di Valencia. Kemenangan Rossi di Jerez dan Catalunya musim ini dapat menjadi bukti. Sebelum menjadi pemenang di kedua sirkuit tersebut musim ini, Rossi terakhir kali keluar sebagai kampiun pada MotoGP 2009.

Sumber: www.okezone.com

Komentar