Selasa, 23 Juli 2024

Morbidelli Resmi Gantikan Vinales di Yamaha MotoGP 2022

Morbidelli. (Dok: Cnnindonesia)
Morbidelli. (Dok: Cnnindonesia)

TitikNOL - Pembalap Spanyol, Maverick Vinales menutuskan untuk keluar setahun lebih awal dari kontrakna di Monster Energy Yamaha.

Ini adalah musim kelima Vinales bersama Yamaha dan akan menjadi tahun terakhirnya.

Bergerak cepat, Yamaha kemudian mengumumkan bahwa pembalap Italia, Franco Morbidelli akan menggantikan Vinales mulai 2022 mendatang.

Morbidelli sendiri sebenarnya terikat kontrak dengan tim Satelit Petronas Yamaha SRT untuk 2022. Namun setelah beberapa pertemuan puncak antara manajer Petronas Yamaha Razlan Razali, Wilco Zeelenberg dan Johan Stigefelt dengan manajer proyek MotoGP Yamaha, Takahiro Sumi, direktur pelaksana Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis dan direktur tim Massimo Meregalli, kesepakatan tertulis tercapai, bahwa Morbidelli, pemenang GP tiga kali dan runner-up 2020, akan beralih ke tim pabrikan mulai 2022.

Tahun lalu Morbidelli nyaris menjadi juara dunia bersama Petronas, hanya terpaut 13 poin dari pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir.

Sekarang giliran Petronas yang sedang mencari pembalap baru. Manajer dan mantan juara dunia Supersport, Kenan Sofuoglu meyakinkan dalam sebuah wawancara dengan Speedweek, bahwa anak didiknya dari Turki, Toprak Razgatlioglu pasti akan terus tetap di Superbike 2022 dan 2023.

Tapi, Yamaha mungkin harus mengarahkan pria Turki sangat berbakat itu di kelas utama Grand Prix di tim Petronas sebagai pengganti Morbidelli.

Menurut Speedweek, Selain Toprak, ada juga nama pembalap Amerika Serikat, Garrett Gerloff yang berpeluang menjadi pengganti Morbidelli.

Sementara pembalap muda Petronas di Moto2, Jake Dixon peluangnya sangat tipis, karena rider Inggris itu hanya berada di urutan ke-21 klasemen.

Selain itu, Yamaha dan Petronas juga berharap Rossi bisa bangkit di paruh kedua musim ini, agar ada alasan tak pensiun dan tetap bersama Petronas untuk satu tahun lagi.

Berita ini telah tayang di rungansport.com, dengan judul: Resmi! Morbidelli Gantikan Vinales di Yamaha MotoGP 2022

Komentar