Oki Dwi Putra Berharap Fair-Play Tidak Hanya Dijadikan Slogan Saja

Oki Dwi Putra Senjaya. (Dok:net)
Oki Dwi Putra Senjaya. (Dok:net)

TitikNOL - Tak bisa dipungkiri, wasit yang memimpin pertandingan di beberapa turnamen di Indonesia kerap menjadi sorotan. Terlebih, jika salah satu klub menderita kekalahan, tak jarang wasit dijadikan sebagai salah satu alasan penyebab kekalahan itu.

Mulai dari keputusan wasit yang kontroversial, hingga kurang adilnya seorang wasit memimpin sebuah pertandingan. Hal itu juga yang dialami para wasit di turnamen Piala Bhayangkara. Banyak kritik pedas yang ditujukan kepada para wasit.

Menanggapi hal itu, salah satu wasit Indonesia, Oki Dwi Putra Senjaya, menyadari adanya kritikan terhadap korpsnya tersebut. Namun begitu, wasit yang pernah mendapatkan lisensi FIFA ini juga meminta kepada klub maupun pemain bisa sama-sama menghormati asas fair-play, yang menjadi slogan di setiap pertandingan sepakbola. 

Itu karena, berdasarkan pengalamannya ada klub maupun pemain yang mencoba untuk mencederai asas fair-play. "Ada seorang pelatih salah satu tim, pemainnya cedera dan kondisi timnya sedang unggul. Pemainnya saat itu cedera di garis tepi, tapi kenapa dia nggak langsung ke tepi saja? Bahkan, salah satu ofisialnya bilang 'sudah tidur saja di situ', kan itu malah memperkeruh atmosfer pertandingan," kata Oki, kepada Goal Indonesia.

"Jadi, arti fair-play ini buat siapa? Respek ini buat siapa? Kami saja sebagai wasit yang dituntut harus fair-play, atau semua elemen yang terkait di sepakbola ini? tanya Oki.

Menurutnya, para wasit memahami terkadang klub maupun pemain terbawa dalam suasana atmosfer pertandingan yang begitu tinggi. Namun, dia berharap seluruh elemen bisa tetap menghormati asas fair-play tersebut dalam situasi apapun.

"Bukannya kami protes kepada tim, tidak. Cuma tolong lah saling menghargai sama-sama artifair-play, arti respek yang ada dalam slogan sepakbola dipahami oleh semua elemen di sepakbola ini."

"Respek ini yang belum bisa diartikan, jangan fair-play hanya slogan saja. Wasit dituntut harusfair-play, tapi kadang respeknya dari klub atau pemain yang belum," pungkas wasit asal Jawa Barat itu.

 

 

 

 

 

Sumber: www.goal.com

TAG bola
Komentar