Pertama Kali di Indonesia, IDCC Resmi Dilaunching

Presiden IDCA, Hari Doyo Sugianto saat memberikan sambutan di acara buka bersama dan launching IDCC dengan perwakilan marching band dari seluruh Indonesia, di Hotel Le Dian, Serang. (Foto: TitikNOL)Presiden IDCA, Hari Doyo Sugianto saat memberikan sambutan di acara buka bersama dan launching IDCC dengan perwakilan marching band dari seluruh Indonesia, di Hotel Le Dian, Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pada 2016 ini, jadi sejarah baru bagi dunia olahraga marching band Indonesia. Di mana, Indonesian Drum Corps Association (IDCA) akan menggelar kejuaraan Indonesia Drum Corps Championship (IDCC).

Presiden IDCA, Hari Doyo Sugianto membenarkan hal tersebut. Bila tidak ada halangan, IDCA akan menggelar IDCC kali pertama di Indonesia.

Tujuannya, agar standarisasi tim-tim marching band yang ada di Indonesia sama semua dengan kiblatnya olahraga marching band yakni Drum Corps Internasional (DCI). Soalnya, saat mengikuti perlombaan di DCI, peraturan dan standar yang ada di Indonesia jauh berbeda.

Seperti contohnya, saat Gita Surosowan Drum & Bugle Corps Banten berlaga di DCI yang berlangsung di Amerika Serikat tahun lalu, hampir semua standar yang ada di Indonesia berbeda dengan DCI pusat.

“Pengurus Gita Surosowan Banten saja, sampai kebingungan karena memang mereka tidak mengetahui standar penilaian dan sebagainya yang benar seperti apa disana. Lewat IDCC, kita harus menyamakan kekuatan agar tim Indonesia kedepannya mampu berlaga di level internasional,” papar Doyo usai launching IDCC dengan perwakilan marching band dari seluruh Indonesia, di Hotel Le Dian, Sabtu (18/6) lalu.

Doyo juga menyampaikan, IDCC ini merupakan ajang pemanasan, karena IDCA akan menggelar ajang serupa tahun depan. Namun, levelnya internasional.

“Kalau sekarang kan baru nasional. Untuk tahun depan, kelasnya internasional dan pemenangnya yang mendapatkan poin tertentu, berhak tampil di ajang DCI,” tuturnya.

Disinggung tanggal pelaksanaan IDCC, pria yang juga menjabat sebagai Menejer Gita Surosowan Drum & Bugle Corps Banten tersebut mengungkapkan, pihak panitia mengagendakan pada 2-4 Desember mendatang.

Tapi, usai diskusi dengan perwakilan marching band kemarin, peserta minta dimajukan satu minggu. Alasanya, ditetapkan dengan kalender pendidikan dimana para atlet kebanyakan masih berstatus pelajar. (rif/dd)

TAG idcc
Komentar