Perubahan Catalunya Disambut Baik Para Pembalap MotoGP

MotoGP. (Dok: Lokoodreams)
MotoGP. (Dok: Lokoodreams)

TitikNOL - Usai desakan dari sejumlah pembalap, Sirkuit Catalunya akhirnya setuju mengaspal ulang permukaan trek. Proses pengerjaan bahkan telah rampung, ditandai dengan tes privat pada Rabu (23/5) lalu. Tentu saja untuk mengetahui bagaimana respons terhadap lintasan baru.

Tak hanya aspal ulang, perubahan layout trek juga dilakukan. Chicane yang dibangun menyusul kecelakaan fatal pembalap Moto2, Luis Salom, mengundang kritikan dari para pembalap. Sirkuit Catalunya kini memiliki Tikungan 13 yang dikembalikan untuk balap MotoGP.

“Mereka telah melakukan pekerjaan sangat bagus. Tarmac punya grip (daya cengkeram) sangat baik dan menyenangkan saat dilintasi,” ucap juara dunia bertahan dan pemimpin klasemen sementara, Marquez kepada MotoGP.com.

Pernyataan senada turut dilontarkan Rossi. “Mereka banyak memperbaiki bump (permukaan trek tidak rata/bergelombang) dan punya grip yang baik. Jadi, Anda bisa lebih cepat dan menikmatinya,” tandas The Doctor.

Sedangkan pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, merujuk pada peningkatan catatan waktu berkat keuntungan aspal baru Sirkuit Catalunya. “Kami mampu meningkatkan hampir satu detik. Kami semua sangat senang,” timpal lima kali juara dunia itu.

Tak ketinggalan, Cal Crutchlow juga menyambut baik aspal baru dan perubahan layout trek. “Aspalnya bagus. Anda bisa melihatnya dari catatan waktu. (Tetapi) Tampaknya sirkuit licin di beberapa area dan kami perlu menekan di trek,” paparnya.

Catalunya akan menghelat balap MotoGP pada 17 Juni bulan depan.

Berita ini telah tayang di id.motorsport.com, dengan judul: Para pembalap MotoGP sambut baik perubahan Catalunya

Komentar