Prediksi Final Liga Champions, Real Madrid vs Liverpool yang Akan Berlaga 27 Mei 2018

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)
Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

TitikNOL - Penggemar sepak bola di seluruh penjuru dunia bakal disuguhi tontonan menarik pada akhir pekan ini, ketika Real Madrid dan Liverpool bertemu dalam bentrokan final Liga Champions musim 2017/2018. Duel kedua tim raksasa ini akan berlangsung di NSK Olimpijs’kyj, Kiev, Ukraina, pada hari Minggu (27/5) pukul 01.45 dini hari WIB.

Bentuk lini serang kedua belah pihak telah berkembang pesat sejak awal musim. Meski demikian, pada saat yang sama, lini belakang mereka telah menjadi sorotan, karena seringkali rapuh dan mudah kebobolan gol.

Real Madrid sendiri akan mengejar rekor tiga kemenangan beruntun di Liga Champions, yang belum pernah terjadi sebelumnya selama pagelaran kompetisi elit Eropa ini. Itu juga berarti mereka berpeluang mendapatkan trofi Eropa untuk ke-13 kalinya dalam sejarah klub, sekaligus untuk memperkuat status mereka sebagai raja di Eropa.

Secara umum, tim asuhan Zinedine Zidane ini melalui musim yang suram di liga domestik, di mana mereka bahkan terlalu dini menyerahkan gelar La Liga musim ini kepada Barcelona. Meski demikian, kekalahan dalam perlombaan gelar La Liga dari rival sengit mereka itu, bisa dilupakan dengan kemenangan atas Liverpool dan meraih trofi kuping lebar itu di final pada akhir pekan ini.

Di sisi lain, bos Liverpool, Jurgen Klopp, pasti akan puas melihat peningkatan performa timnya pada musim ini, jika dibandingkan dengan musim lalu. Sementara tiket final Liga Champions ini bisa dibilang sebagai hadiah atas penampilan spektakuler dari trio penyerang The Reds, yang diisi oleh Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Berdasarkan head to head, kedua tim ini memiliki kekuatan yang seimbang. Hal itu karena masing-masing mereka sama-sama mengoleksi 2 kemenangan menjelang pertemuan kelima kali ini.

Kedua tim ini pertama kali bertemu pada 9 tahun lalu di babak 16 besar Liga Champions. Kala itu Liverpool menang dengan skor 5-0 secara agregat. Madrid kemudian membalaskan dendam mereka di babak penyisihan grup Liga Champions musim 2014/15. Raksasa La Liga itu memenangkan kedua leg pertandingan melawan Liverpool dengan skor 4-0 secara agregat.

Jelang laga kali ini, Real Madrid yang juga adalah juara bertahan di kompetisi ini, dinilai banyak pihak sebagai favorit untuk kembali mengangkat piala. Hal ini terutama karena Los Blancos memiliki pengalaman di pertandingan-pertandingan besar sepanjang sejarah. Madrid memiliki catatan menakjubkan dengan memenangkan 12 dari 15 laga final Liga Champions yang pernah mereka lakoni sebelumnya.

Selain itu, Madrid juga memiliki pemain dengan mental juara seperti Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, Marcelo, Toni Kroos dan Luka Modric. Hal ini mereka buktikan selama perjalanan mereka ke Kiev, dengan menyingkirkan tim-tim raksasa Eropa lainnya, seperti Paris Saint-Germain, Juventus dan Bayern Munich di babak sistem gugur.

Di sisi lain, Liverpool akan sangat bergantung pada trio penyerang mereka. Raksasa asal Merseyside itu akan berharap momen magis dari Mohamed Salah dapat menginspirasi permainan The Reds, seperti pada saat pemain asal Mesir itu berperan penting dalam kemenangan Liverpool atas Manchester City dan AS Roma dalam dua putaran terakhir.

Bagaimanapun juga, kurang solidnya lini pertahanan mungkin bakal menjadi masalah besar bagi kedua belah pihak. Tim asuhan Zidane hanya mampu mencatat 1 kali clean-sheets dalam 11 pertandingan kompetitif terakhir mereka. Bahkan mereka kebobolan 2 atau lebih gol dalam 4 dari 5 pertandingan terakhir mereka di semua ajang kompetisi. Kini mereka akan menghadapi trio penyerang mematikan Liverpool, yang secara total berhasil mencetak 31 gol di Liga Champions sejauh ini.

Di sisi lain, lini belakang Liverpool yang dipimpin Virgil van Dijk dan Dejan Lovren, bakal mendapat ujian berat dari superstar Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pasalnya, mantan penyerang Manchester United itu telah mencetak 15 gol hanya dalam 12 penampilan terakhirnya di Liga Champions musim ini.

Prediksi Line Up Real Madrid vs Liverpool:

Real Madrid: Navas; Marcelo, Ramos, Varane, Carvajal; Kroos, Casemiro, Modric; Isco; Ronaldo, Benzema.

Liverpool: Karius; Robertson, Van Dijk, Lovren, Alexander-Arnold; Milner, Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah.

Head to Head Real Madrid vs Liverpool:

05-11-2014 Madrid 1-0 Liverpool

23-10-2014 Liverpool 0-3 Madrid

11-03-2009 Liverpool 4-0 Madrid

26-02-2009 Madrid 0-1 Liverpool

Lima Pertandingan Terakhir Real Madrid:

02-05-2018 Madrid 2-2 Bayern

07-05-2018 Barcelona 2-2 Madrid

10-05-2018 Sevilla 3-2 Madrid

13-05-2018 Madrid 6-0 Celta

20-05-2018 Villarreal 2-2 Madrid

Lima Pertandingan Terakhir Liverpool:

25-04-2018 Liverpool 5-2 Roma

28-04-2018 Liverpool 0-0 Stoke

03-05-2018 Roma 4-2 Liverpool

06-05-2018 Chelsea 1-0 Liverpool

13-05-2018 Liverpool 4-0 Brighton

Persentase Kemenangan:

Real Madrid menang 30%

Liverpool menang 30%

Seri 40%









Berita ini telah tayang di sumberbola.com, dengan judul: Prediksi Real Madrid vs Liverpool, Adu Tajam Penyerang Bintang

Komentar