Premier League Diizinkan Kembali Bergulir

Ilustrasi. (Dok: Libero)
Ilustrasi. (Dok: Libero)

TitikNOL - Kompetisi Premier League musim 2019-2020 bisa kembali bergulir setelah 1 Juni 2020. Kepastian itu mencuat setelah pemerintah Inggris memberikan lampu hijau terhadap Premier League untuk menyelesaikan laga musim ini.

Seperti dilansir Mirror, turnamen Premier League bisa kembali digelar dengan catatan khusus, yaitu berlangsung secara tertutup. Artinya, semua pertandingan Premier League nantinya digelar tanpa penonton, tapi bisa disiarkan secara langsung sehingga fans tetap bisa menyaksikan dari televisi.

Pihak Premier League mengungkapkan rencana memulai kembali liga kepada pemerintah Inggris pada Senin (11/5/2020). Lampu hijau akhirnya diberikan dengan catatan pertandingan harus menghindari risiko kontak sosial dalam skala besar.

Pemberian izin untuk melanjutkan kompetisi Premier League dan Championship itu sejalan dengan rencana Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, untuk melonggarkan lockdown.

Meskipun sudah ada lampu hijau untuk melanjutkan kompetisi, belum ada kejelasan kapan penonton bisa kembali ke stadion. Fans kemungkinan bakal menunggu lebih dari setahun untuk kembali diizinkan ke stadion menyaksikan tim kesayangan mereka.

Pemerintah Inggris mengatakan tak aman menggelar event yang melibatkan banyak penonton hingga ditemukan vaksin untuk virus corona.

Bahkan, Pemerintah Inggris mengisyaratkan sementara ini akan melarang event yang melibatkan penonton setidaknya hingga September, tentu saja termasuk Premier League. Kebijakan itu juga bisa diperpanjang jika belum ada vaksin atau obat untuk virus corona, atau tergantung perkembangan jumlah kasus virus corona di Inggris.

Sikap Klub Masih Terbelah

Kompetisi Premier League dihentikan sejak pertengahan Maret karena krisis wabah virus corona. Tak seperti liga di Prancis dan Belanda yang memilih tak merampungkan kompetisi, Premier League masih bertekad menyelesaikan sisa musim 2019-2020. Detail rencana merampungkan kompetisi itu dilabeli "Project Restart".

Sikap klub-klub masih terbelah dalam menanggapi Project Restart tersebut. Ada yang mendukung, tapi ada juga yang masih ragu-ragu.

Sejumlah pemain juga mengungkapkan secara terang-terangan ke publik tentang kekhawatiran kembali ke lapangan dalam waktu dekat. Beberapa pemain yang masih ragu kembali bertanding antara lain bintang Manchester City, Sergio Aguero, dan pemain Chelsea, Antonio Rudiger. Mereka belum yakin karena kasus virus corona di Inggris masih tinggi, bahkan tertinggi di Eropa.

Selain itu, ada tiga pemain Brighton yang dipastikan positif terjangkit virus corona setelah menjalani tes pada pekan lalu. Kondisi itulah yang membuat sebagian pihak masih ragu-ragu untuk menggulirkan lagi Premier League dalam waktu dekat.













Berita ini telah tayang di bola.com, dengan judul: Premier League Diizinkan Kembali Bergulir Mulai 1 Juni 2020, Dipastikan Tanpa Penonton

Komentar