Preview Laga Persahabatan Antara Belanda vs Belgia

Laga persahabatan, Belanda vs Belgia. (Dok: bolabanget)
Laga persahabatan, Belanda vs Belgia. (Dok: bolabanget)

TitikNOL - Tim nasional Belanda akan menjamu negara tetangganya, Belgia, pada laga uji coba yang akan berlangsung di Amsterdam Arena, Rabu (9/11) malam waktu setempat atau Kamis dini hari pukul 02.45 WIB.

Laga uji coba tersebut menjadi persiapan bagi kedua negara jelang menghadapi matchday empat laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Di grup A Belanda akan bertandang ke Luksemburg, Minggu (13/11). Sementara pada hari yang sama Belgia akan menjamu Estonia di Stade Roi Baudouin dalam laga lanjutan grup H.

Pelatih timnas Belanda Danny Blind menyatakan laga kontra Belgia sangat penting. Karena laga itu mempengaruhi perolehan poin mereka di ranking FIFA, yang nantinya akan menentukan posisi Belanda jika harus melewati laga play-off untuk lolos ke Piala Dunia 2018.

"Laga Belanda vs Belgia adalah laga spesial. Laga itu bergengsi tapi poin yang akan diperebutkan untuk posisi di ranking FIFA lebih penting karena bisa membawa keuntungan bagi kami jika nantinya harus bermain di babak play-off," ujar Blind seperti dikutip dari football-oranje.

Saat ini Belanda menempati peringkat 20 FIFA, sementara Belgia berada di tempat keempat.

Belgia juga unggul dalam rekor pertemuan kedua tim. Tim berjuluk Die Roten Teufel itu tak terkalahkan dalam lima pertemuan terakhirnya dengan Oranje.

Terakhir kali Belanda menang atas Belgia adalah pada 1997. Oranje menang 3-1 lewat gol Jaap Stam, Patrick Kluivert, dan Dennis Bergkamp. Sedangkan pada pertemuan terakhir kedua tim yang berlangsung pada 2012 Belgia sukses menaklukkan Belanda 4-2.

Pada laga kali ini kedua tim harus kehilangan beberapa pemain utama. Arjen Robben dipastikan absen di laga ini. Sesuai dengan perjanjian dengan pihak klubnya, Bayern Munich, pemain berusia 32 tahun itu dilarang tampil di laga uji coba.

Selain Robben, Wesley Sneijder juga akan diistirahatkan agar lebih fit untuk laga kontra Luksemburg. Penyerang Tottenham Hotspur Vincent Janssen diprediksi akan menjadi ujung tombak Oranje.

Belanda juga kehilangan Davy Propper, Rick Karsdorp, Quincy Promes, dan Terence Kongolo, yang terpaksa dicoret awal pekan ini karena mengalami cedera. Sementara Bruno Martins Indi dan Steven Berghuis kembali ke skuat.

Bek PSV Eindhoven Joshua Brenet, serta bek kiri Sporting CP Marvin Zeegelaar mendapatkan panggilan pertama dari timnas Belanda dan berpeluang melakoni debut di laga ini.

Sementara Belgia kehilangan Marouane Fellaini yang mengalami cedera, dan sang pelatih Roberto Martinez menyatakan Mousa Dembele akan diistirahatkan dan baru tampil saat menghadapi Estonia.

Gelandang muda Anderlecht Youri Tielmans berpeluang melakoni debutnya untuk timnas senior bersama pemain Watford Christian Kabasele, dan pemain Genk Thomas Foket.

Martinez diprediksi akan kembali menerpakan formasi 3-4-3 seperti saat membantai Gibraltar 6-0 di laga kualifikasi Piala Dunia terakhirnya, Senin (10/10).

Kevin de Bruyne, Eden Hazard, dan Romelu Lukaku bisa menjadi trio yang akan membuat lini depan Belgia merepotkan lawan-lawannya.

Sumber: www.goal.com

Komentar