Raih Podium Tertinggi MotoGP Jerman, Marquez Cetak Sembilan Kemenangan Beruntun

Marc Marquez.(Dok: Okezone)
Marc Marquez.(Dok: Okezone)

TitikNOL - Marc Marquez menegaskan statusnya sebagai raja di Sachsenring dengan menapaki podium tertinggi MotoGP Jerman. Valentino Rossi dan Maverick Vinales finis tiga besar.

Seperti biasa, Jorge Lorenzo melakukan start bagus, Minggu (15/7). Ia merebut posisi pertama, diikuti Danilo Petrucci, sedangkan Marquez sempat melebar tapi kemudian mampu melewati Rossi untuk tempat ketiga. Adapun, insiden kecelakaan dialami Alex Rins dan Pol Espargaro di Tikungan 2.

Memimpin jalannya balapan, Lorenzo mulai menciptakan jarak 0,500 detik pada Lap 5. Namun calon rekan setimnya musim depan, Marquez, berhasil memangkas selisih setelah mengatasi perlawanan Petrucci dan naik ke posisi kedua.

Cukup lama membayangi Lorenzo, Marquez menaklukkan sang rival pada Lap 13, serta tepatnya di Tikungan 13. Praktis, sejak saat itulah, juara dunia bertahan MotoGP ini tak terbendung. Walaupun ada Rossi yang muncul sebagai lawan terdekat, tapi The Doctor sulit mendekati.

Dengan balapan yang didominasi Marquez, pertarungan sengit beralih pada perebutan podium ketiga. Maverick Vinales, lagi-lagi terlambat panas, bangkit dan menyalip rivalnya satu-persatu. Dimulai dari Andrea Dovizioso, Bautista, Lorenzo dan Petrucci.

Adapun, MotoGP Jerman akhirnya dimenangi Marquez, sekaligus meneruskan rekor mengesankan di Sachsenring, yakni mencetak kemenangan kesembilan. Podium tertinggi tersebut juga merupakan yang kelima musim ini.

Rossi mengamankan raihan finis kedua, dilanjutkan Vinales yang mengantarkan pabrikan Yamaha podium ganda. Petrucci harus puas menempati posisi keempat, dan Bautista menutup akhir pekan dengan catatan manis, yaitu masuk lima besar.

Finis keenam diklaim Lorenzo, di depan Dovizisio tampak kesulitan sepanjang balapan dan Dani Pedrosa memetik hasil posisi kedelapan. Kemudian tempat kesembilan diisi Johann Zarco, dengan Bradley Smith urutan ke-10.

Hafizh Syahrin menjadi rookie terbaik lewat keberhasilan finis ke-11. Sementara duo LCR Honda menutup akhir pekan di Sachsenring dengan pahit. Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami terjatuh saat balapan.

MotoGP berikutnya bakal dipentas di Sirkuit Brno, Republik Ceko pada 5 Agustus bulan depan.

Hasil balapan:

Berita ini telah tayang di id.motorsport.com, dengan judul: MotoGP Jerman: Marquez cetak sembilan kemenangan beruntun

Komentar