Sabtu, 20 Juli 2024

Segera Bela Timnas Indonesia, Justin Hubner Resmi Jadi WNI

Justin Hubner. (Dok: Bola)
Justin Hubner. (Dok: Bola)

TitikNOL - Justin Hubner resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI) agar bisa segera membela Timnas Indonesia. Calon pemain Timnas Indonesia itu mengambil sumpah WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta pada Rabu (6/12/2023).

Bek tengah Wolverhampton Wanderers U-21 itu tiba pada pukul 9.50 WIB, sebagaimana pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi. Hubner tiba mengenakan mengenakan kacamata hitam, setelan jas warna hitam, dasi hitam, dan kopiah.

Prosesi pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun. Prosesi itu tidak bisa dihadiri oleh awak media, namun bisa dilhat melalui tayangan live streaming pada kanal youtube PSSI. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tak lama setelah itu Hubner pun langsung diambil sumpah.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh," ucap Hubner yang mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

"Melepaskan, seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," lanjutnya.

"Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia, dengan tulus dan ikhlas," tandas pemain kelahiran Belanda tersebut.

Seperti diketahui, sejatinya proses naturalisasi Hubner sudah disetujui DPR bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael Struick. Ketiga pemain ini diproyeksikan masuk skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023. Tapi, hanya Rafael dan Ivar yang disumpah menjadi WNI seiring batalnya Piala Dunia U-20 2023.

Kemudian, proses naturalisasi Hubner pun mengambang begitu saja. Lalu beberapa bulan terakhir, PSSI kembali melanjutkan proses naturalisasi pemain Wolverhampton U-21 tersebut. Dan akhirnya, bek kelahiran Belanda itu kini telah resmi menjadi WNI usai diambil sumpah.

Dengan begitu, Hubner berpeluang besar membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang. Di ajang tersebut, Skuad Garuda tergabung dalam Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Menatap ajang tersebut, tim polesan Shin Tae-yong dijadwalkan akan bertolak ke Turki untuk menjalani TC pada 20 Desember 2023. Jika Hubner masuk dalam daftar panggilan, dia praktis akan menambah kekuatan Skuad Garuda di lini belakang dalam ajang yang dihelat di Qatar itu.

Selain Hubner, PSSI juga sedang mendorong beberapa nama untuk segera dinaturalisasi. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen. Manuver yang dilakukan PSSI ini tak luput demi Timnas Indonesia bisa terbang lebih tinggi dalam mengarungi turnamen-turnamen bergengsi yang akan dimainkan.








Berita ini telah tayang di bola.okezone.com, dengan judul: Sah! Justin Hubner Resmi Jadi WNI, Segera Bela Timnas Indonesia!

Komentar