146 Eks Anggota Gafatar Asal Banten Dipulangkan

146 Eks Anggota Gafatar Warga Banten Dipulangkan146 Eks Anggota Gafatar Warga Banten Dipulangkan

SERANG, TitikNOL - Sebanyak 146 orang ‎dari 564 eks anggota Gafatar yang terusir dari Mempawah, Kalimantan Barat, diketahui merupakan warga Banten. Ratusan eks Gafatar tersebut sudah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sejak Sabtu (23/1/2016) dinihari.

"Data dari Kementerian Sosial ada 146 warga Banten. Mereka sekarang ada di Rumah Pelindungan dan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus, Jakarta," ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Banten, Ino S Rawita, ditemui di KP3B, Kota Serang, Senin (25/1/2016).

Menerima informasi tersebut, Dinsos Banten langsung mengerahkan tim untuk mengkroscek ke Jakarta untuk memastikan keadaan warga Banten tersebut.

"Tadi pagi setelah apel saya perintahkan tim ke sana untuk ngecek. Sekaligus cek di Balai di DKI, karena infonya ada dua gelombang (kepulangan dari Kalimantan) itu," ucapnya.

Selanjutnya, pihaknya merencanakan menjemput puluhan anggota eks Gafatar asal Banten tersebut. Bahkan, Dinsos Banten menyiapkan Balai Pemulihan dan Pengembangan Sosial (BP2S) di Kabupaten Lebak.

"Kami menunggu instruksi Kemensos, tapi kami sudah siapkan untuk penjemputan, dan akan ditempatkan di BP2S di Lebak," ucapnya. (Kuk/Red)

Komentar